Teks Berita 1 Agustus 2019 Kelas 8 (Pertemuan 1)


A.    KOMPETENSI INTI

1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.

3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. KOMPETENSI DASAR

3.2 Menelaah struktur dan kebahasaan teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca.

C. Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2.1 Menemukan isi berdasarkan struktur teks berita
3.2.2 Menemukan unsur kebahasaan teks berita
3.2.3 Menjawab pertanyaan tentang isi berdasarkan struktur teks berita
3.2.4 Menjawab pertanyaan tentang unsur kebahasaan teks berita

D.Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran tentang teks berita pada Kamis, 1 Agustus 2019 siswa diharapkan dapat:
1.      Menemukan isi berdasarkan struktur teks berita secara benar
2.      Menemukan unsur kebahasaan teks berita secara benar

E. Langkah-Langkah Pembelajaran:

Langkah/
Tahap
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Pendahuluan
-       Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan berdoa. (PPK)
-       Guru menanyakan ketidakhadiran siswa.
-       Guru menyampaikan KD, indikator, dan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.
-       Guru dan siswa menyepakati langkah-langkah kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mencapai kompetensi.
15’
Kegiatan Inti
-          Guru menanyangkan judul sebuah berita
-          Siswa menuliskan prediksi isi berita berdasarkan judul tersebut. (literasi)
-          Guru menayangkan video berita yang disampaikan oleh pembawa berita.
-          Siswa menemukan isi berita yang ditayangkan.
-          Siswa menemukan struktur berita yang ditayangkan.
-          Guru menyampaikan keterkaitan tayangan berita dengan materi yang akan diajarkan.
-          Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari dua orang.
-          Guru memberikan sebuah teks berita ke tiap kelompok.
-          Siswa mengamati teks berita. (literasi)
-          Dengan dipandu guru, setiap kelompok menemukan isi berita berdasarkan struktur teks berita (HOTS)
-          Siswa menuliskan unsur kebahasaan teks berita
-          Siswa mempresentasikan hasil kerja diskusi  kelompok di depan kelas. (4C)
-          Siswa lain diberi kesempatan untuk menyampaiakan tanggapan.
90’
Penutup
-       Guru memberi penguatan terkait dengan materi yang telah dipelajari.
-       Siswa dibantu oleh guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung.
-       Siswa menerima tugas dari guru untuk menemukan informasi teks berita berdasarkan struktur berita.
-       Siswa merefleksi proses KBM yang berlangsung.
-       Guru beserta siswa mengakhiri kegiatan belajar mengajar dengan mengucap syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. (PPK)
15’


 F. Instrumen Penilaian
1.      Penilaian Sikap

Petunjuk:

a.       Amati perkembangan sikap siswa menggunakan instrumen jurnal pada setiap pertemuan.

b.      Isi jurnal dengan menuliskan sikap atau perilaku siswa yang menonjol, baik yang positif maupun negatif. Untuk siswa yang pernah memiliki catatan perilaku kurang baik dalam jurnal, apabila telah menunjukkan perilaku (menuju) yang diharapkan, perilaku tersebut dituliskan dalam jurnal (meskipun belum menonjol)


Jurnal Perkembangan Sikap Sosial


Nama Sekolah             :   SMP Al Azhar 1 Bandarlampung

Kelas/Semester            :  VIII A/1

Tahun Pelajaran           :  2019/2020

            No.
Tanggal
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap





















2.      Penilaian Kompetensi Pengetahuan

a.                   Teknik                               : tes tertulis

b.                  Bentuk                              : uraian

c.                   Indikator soal/Kisi-kisi:

No
Materi
Indikator
Bentuk tes
No.Soal
1
Teks Berita
Disajikan teks berita, siswa mampu:
1.      Menemukan struktur teks berita
2.   Menemukan pokok-pokok/isi berita (5W+1H)
3.  Menemukan kesalahan kata teks berita
Uraian

1
2

3



Teks Berita (Contoh)

Sebulan Berlalu, Air Masih Menggenangi Beberapa Lokasi di Manado

Banjir bandang yang menerjang Manado telah berlalu hampir sebulan. Namun tumpukan sampah dan lumpur masih aja terlihat di beberapa wilayah. Bahkan di beberapa ruas jalan dan lorong, air sisa sisa banjir terlihat tergenang.

Seperti yang terpantau Kompas.com, Senin (10/2/2014), air setinggi 20 cm terlihat di ruas jalan Persimpangan Plaza dan depan Makmur, Kecamatan Wenang.

Salah satu warga, Yudi yang terlihat masih berusaha membersihkan lumpur dari rumah miliknya, mengaku kesal dengan kondisi tersebut.

Menurutnya, pemerintah kota Manado tidak mencari solusi yang tepat untuk mengatasi hal itu. “Air di sini tidakmau surut, tetap tergenang. Kalau hujan datang, air langsung masuk di dalam rumah, karena selokan tersumbat,” ujar Yudi.

Menurut dia, percuma saja mereka membersihkan rumah mereka, karena air bercampur lumpur di jalan masih ada. Selain di persimpangan Plaza, air dan lumpur juga masih terlihat di lorong samping Klentheng Kwang Kong, Kampung Cina.

Di lorong tersebut beberapa rumah warga keturunan Tionghoa terlihat masih dipenuhi lumpur. Sampah dan lumpur yang telah lama terendap menimbulkan bau yang tidak sedap. Tak ayal, warga yang melintas di kawasan ramai tersebut harus menutup hidung mereka.

Sampah juga masih terlihat di samping tiga Terminal Paal Dua, samping SPBU Paal 2, Tanjung Baru, Ketang Baru, lorong Lililoyor, Dendengan Dalam, Tikala dan beberapa lokasi lainnya. Banyaknya sampah yang ditinggalkan banjir bandang yang terjadi pada 15 Januari 2014 lalu memang membuat pemerintah kewalahan. Walau ribuan relawan setiap hari turun membantu membersihkan dan mengangkat sampah, tetap saja masih banyak sampah yang belum terangkat.

Diperkirakan sampah yang ditinggalkan banjir bandang tersebut mencapai 100.000 kubik. Sementara Tempat Pembuangan Sampah di Sumompo sudah melebihi kapasitas tampung.

Sumber: Kompas (Senin, 10 Februari 2014)



Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan surat pribadi tersebut!

No
Pertanyaan
1.
Identifikasilah struktur pada teks berita tersebut!
2 Carilah kaidah kebahasaan dalam teks berita yang meliputi kebakuan bahasa, konjungsi temporal, konjungsi bahwa, dan kata kerja mental!





Pedoman penskoran

No.
Deskriptor
Skor
1.
Dapat mengidentifikasi struktur berita
50
2. Dapat mengidentifikasi kaidah kebahasaan dalam teks berita yang meliputi kebakuan bahasa, konjungsi temporal, konjungsi bahwa, dan kata kerja mental 50







            Nilai : skor 50 + 50 = 100

Materi Teks Berita
A.    PENGERTIAN TEKS BERITA

Teks berita adalah teks yang melaporkan kejadian, peristiwa atau informasi mengenai sesuatu yang telah atau sedang terjadi. Penyampaian berita ini bisa dilakukan secara lisan yang sering kita dengar dan lihat di televisi, dan secara tulisan yang dapat dibaca di media cetak. Berita bertujuan untuk menyampaikan informasi kepada pembaca atau pendengar.

B.     STRUKTUR TEKS BERITA

Ada beberapa struktur yang membangun teks berita. Struktur teks tersebut merupakan struktur yang membangun teks sehingga menjadi satu kesatuan teks yang utuh. Struktur teks berita terdiri atas orientasi, peristiwa, dan sumber berita.

1.      Orientasi

Bagian pembuka yang berisikan kalimat pembuka sebuah teks berita.

2.      Peristiwa

Bagian yang merupakan inti paragraf dari sebuah teks berita.

3.      Sumber berita

bagian dari teks berita yang biasanya berada pada akhir teks berita yang berisikan sumber berita.

C.    KAIDAH KEBAHASAAAN TEKS BERITA

Dari sebuah berita juga dapat kita analisis kaidah kebahasaannya. Kaidah kebahasaan yang ada pada teks berita yaitu:

1.      Fokus pada peristiwa yang terjadi bukan pada perilakunya

2.      Menggunakan verba pewarta yang berisikan kalimat pemberitahuan informasi

3.      Menggunakan kalimat langsung dan tidak langsung

4.      Terdapat penjelasan mengenai waktu dan tempat terjadinya suatu peristiwa

5.      Biasanya menggunakan verba perilaku yaitu kata kerja yang menunjukkan perilaku

Teks berita biasanya mengandung susunan paragraf yang berisikan %W +1 H merupakan singkatan dari What, Where, When, Who, Why, dan How. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut :

What yaitu menyatakan apa yang diinformasikan pada teks berita.

Where yaitu menyatakan dimana peristiwa pada teks berita terjadi.

When yaitu menyatakan kapan peristiwa pada teks berita terjadi.

Who yaitu menyatakan siapa yang terlibat pada teks berita terjadi.

Why yaitu menyatakan kenapa peristiwa pada teks berita terjadi.

How yaitu menyatakan bagaimana peristiwa pada teks berita terjadi.

Tugas!
Carilah sebuah koran yang baru diterbitkan kemudian
a. Temukan unsur-unsur berita pada teks berita tersebut!
b. Catatlah sumber, tanggal pemberitaan, dan isi pokok berita!
 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisi Kisi Soal UH Bab 5 Puisi Rakyat, Kamis 23 Januari 2020

JENIS-JENIS SURAT DINAS KELAS 7 (MATERI DAN TUGAS) Selasa, 31 Maret 2020

KAIDAH KEBAHASAAN SURAT DINAS DAN SURAT PRIBADI KELAS 7 (MATERI DAN TUGAS) Senin, 30 Maret 2020