Teks Berita 1 Agustus 2019 Kelas 8 (Pertemuan 1)
A. KOMPETENSI INTI
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan
bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan
anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar,
bangsa, negara, dan kawasan regional.
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. KOMPETENSI DASAR
3.2 Menelaah
struktur dan kebahasaan teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar
dan dibaca.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2.1 Menemukan isi
berdasarkan struktur teks berita
3.2.2 Menemukan unsur
kebahasaan teks berita
3.2.3 Menjawab
pertanyaan tentang isi berdasarkan struktur teks berita
3.2.4 Menjawab pertanyaan tentang unsur kebahasaan teks
berita
D.Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran tentang teks berita pada Kamis, 1 Agustus 2019 siswa diharapkan dapat:
1. Menemukan isi
berdasarkan struktur teks berita secara benar
2. Menemukan unsur
kebahasaan teks berita secara benar
E. Langkah-Langkah Pembelajaran:
Langkah/
Tahap
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
- Guru membuka
kegiatan pembelajaran dengan berdoa. (PPK)
- Guru menanyakan
ketidakhadiran siswa.
- Guru menyampaikan KD,
indikator, dan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.
- Guru dan siswa menyepakati
langkah-langkah kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mencapai kompetensi.
|
15’
|
Kegiatan Inti
|
- Guru
menanyangkan judul sebuah berita
- Siswa menuliskan
prediksi isi berita berdasarkan judul tersebut. (literasi)
- Guru
menayangkan video berita yang disampaikan oleh pembawa berita.
- Siswa
menemukan isi berita yang ditayangkan.
- Siswa
menemukan struktur berita yang ditayangkan.
- Guru
menyampaikan keterkaitan tayangan berita dengan materi yang akan diajarkan.
- Siswa dibagi
menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari dua orang.
- Guru
memberikan sebuah teks berita ke tiap kelompok.
- Siswa
mengamati teks berita. (literasi)
- Dengan
dipandu guru, setiap kelompok menemukan isi berita berdasarkan struktur teks
berita (HOTS)
- Siswa
menuliskan unsur kebahasaan teks berita
- Siswa mempresentasikan hasil
kerja diskusi kelompok di depan kelas. (4C)
- Siswa lain
diberi kesempatan untuk menyampaiakan tanggapan.
|
90’
|
Penutup
|
- Guru memberi penguatan terkait
dengan materi yang telah dipelajari.
- Siswa dibantu oleh guru
menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung.
- Siswa menerima tugas dari guru
untuk menemukan informasi teks berita berdasarkan struktur berita.
- Siswa merefleksi proses KBM
yang berlangsung.
- Guru beserta siswa mengakhiri
kegiatan belajar mengajar dengan mengucap syukur kehadirat Tuhan Yang
Maha Esa. (PPK)
|
15’
|
F. Instrumen Penilaian
1. Penilaian Sikap
Petunjuk:
a. Amati perkembangan
sikap siswa menggunakan instrumen jurnal pada setiap pertemuan.
b. Isi jurnal dengan
menuliskan sikap atau perilaku siswa yang menonjol, baik yang positif maupun
negatif. Untuk siswa yang pernah memiliki catatan perilaku kurang baik dalam
jurnal, apabila telah menunjukkan perilaku (menuju) yang diharapkan, perilaku
tersebut dituliskan dalam jurnal (meskipun belum menonjol)
Jurnal Perkembangan Sikap Sosial
Nama
Sekolah : SMP Al Azhar 1 Bandarlampung
Kelas/Semester : VIII A/1
Tahun Pelajaran : 2019/2020
No.
|
Tanggal
|
Nama Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
2. Penilaian
Kompetensi Pengetahuan
a. Teknik :
tes tertulis
b. Bentuk :
uraian
c. Indikator
soal/Kisi-kisi:
No
|
Materi
|
Indikator
|
Bentuk tes
|
No.Soal
|
1
|
Teks Berita
|
Disajikan teks berita, siswa mampu:
1. Menemukan struktur teks berita 2. Menemukan pokok-pokok/isi berita (5W+1H) 3. Menemukan kesalahan kata teks berita |
Uraian
|
1
2
3
|
Teks Berita (Contoh)
Sebulan Berlalu, Air Masih Menggenangi Beberapa Lokasi di Manado
Banjir bandang yang menerjang Manado telah berlalu hampir sebulan. Namun
tumpukan sampah dan lumpur masih aja terlihat di beberapa wilayah. Bahkan di
beberapa ruas jalan dan lorong, air sisa sisa banjir terlihat tergenang.
Seperti yang terpantau Kompas.com, Senin (10/2/2014), air setinggi 20 cm
terlihat di ruas jalan Persimpangan Plaza dan depan Makmur, Kecamatan Wenang.
Salah satu warga, Yudi yang terlihat masih berusaha membersihkan lumpur
dari rumah miliknya, mengaku kesal dengan kondisi tersebut.
Menurutnya, pemerintah kota Manado tidak mencari solusi yang tepat untuk mengatasi
hal itu. “Air di sini tidakmau surut, tetap tergenang. Kalau hujan datang, air
langsung masuk di dalam rumah, karena selokan tersumbat,” ujar Yudi.
Menurut dia, percuma saja mereka membersihkan rumah mereka, karena air
bercampur lumpur di jalan masih ada. Selain di persimpangan Plaza, air dan
lumpur juga masih terlihat di lorong samping Klentheng Kwang Kong, Kampung
Cina.
Di lorong tersebut beberapa rumah warga keturunan Tionghoa terlihat masih
dipenuhi lumpur. Sampah dan lumpur yang telah lama terendap menimbulkan bau
yang tidak sedap. Tak ayal, warga yang melintas di kawasan ramai tersebut harus
menutup hidung mereka.
Sampah juga masih terlihat di samping tiga Terminal Paal Dua, samping SPBU
Paal 2, Tanjung Baru, Ketang Baru, lorong Lililoyor, Dendengan Dalam, Tikala
dan beberapa lokasi lainnya. Banyaknya sampah yang ditinggalkan banjir bandang
yang terjadi pada 15 Januari 2014 lalu memang membuat pemerintah kewalahan.
Walau ribuan relawan setiap hari turun membantu membersihkan dan mengangkat sampah,
tetap saja masih banyak sampah yang belum terangkat.
Diperkirakan sampah yang ditinggalkan banjir bandang tersebut mencapai
100.000 kubik. Sementara Tempat Pembuangan Sampah di Sumompo sudah melebihi
kapasitas tampung.
Sumber: Kompas (Senin, 10 Februari 2014)
Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan surat pribadi tersebut!
No
|
Pertanyaan
|
1.
|
Identifikasilah struktur pada
teks berita tersebut!
|
2 | Carilah kaidah kebahasaan dalam teks berita yang meliputi kebakuan bahasa, konjungsi temporal, konjungsi bahwa, dan kata kerja mental! |
Pedoman penskoran
No.
|
Deskriptor
|
Skor
|
1.
|
Dapat mengidentifikasi struktur berita
|
50
|
2. | Dapat mengidentifikasi kaidah kebahasaan dalam teks berita yang meliputi kebakuan bahasa, konjungsi temporal, konjungsi bahwa, dan kata kerja mental | 50 |
Nilai
: skor 50 + 50 = 100
Materi Teks Berita
A. PENGERTIAN TEKS
BERITA
Teks berita adalah teks yang melaporkan kejadian, peristiwa atau informasi
mengenai sesuatu yang telah atau sedang terjadi. Penyampaian berita ini bisa
dilakukan secara lisan yang sering kita dengar dan lihat di televisi, dan
secara tulisan yang dapat dibaca di media cetak. Berita bertujuan untuk
menyampaikan informasi kepada pembaca atau pendengar.
B. STRUKTUR TEKS
BERITA
Ada beberapa struktur yang membangun teks berita. Struktur teks tersebut
merupakan struktur yang membangun teks sehingga menjadi satu kesatuan teks yang
utuh. Struktur teks berita terdiri atas orientasi, peristiwa, dan sumber
berita.
1. Orientasi
Bagian pembuka yang berisikan kalimat pembuka sebuah teks berita.
2. Peristiwa
Bagian yang merupakan inti paragraf dari sebuah teks berita.
3. Sumber berita
bagian dari teks berita yang biasanya berada pada akhir teks berita yang
berisikan sumber berita.
C. KAIDAH KEBAHASAAAN
TEKS BERITA
Dari sebuah berita juga dapat kita analisis kaidah kebahasaannya. Kaidah
kebahasaan yang ada pada teks berita yaitu:
1. Fokus pada peristiwa
yang terjadi bukan pada perilakunya
2. Menggunakan verba
pewarta yang berisikan kalimat pemberitahuan informasi
3. Menggunakan
kalimat langsung dan tidak langsung
4. Terdapat
penjelasan mengenai waktu dan tempat terjadinya suatu peristiwa
5. Biasanya
menggunakan verba perilaku yaitu kata kerja yang menunjukkan perilaku
Teks berita biasanya mengandung susunan paragraf yang berisikan %W +1 H
merupakan singkatan dari What, Where, When, Who, Why, dan How. Adapun
penjelasannya adalah sebagai berikut :
What yaitu menyatakan apa yang diinformasikan pada teks berita.
Where yaitu menyatakan dimana peristiwa pada teks berita terjadi.
When yaitu menyatakan kapan peristiwa pada teks berita terjadi.
Who yaitu menyatakan siapa yang terlibat pada teks berita terjadi.
Why yaitu menyatakan kenapa peristiwa pada teks berita terjadi.
How yaitu menyatakan bagaimana peristiwa pada teks berita terjadi.
Tugas!
Carilah sebuah koran yang baru diterbitkan kemudian
a. Temukan unsur-unsur berita pada teks berita tersebut!
b. Catatlah sumber, tanggal pemberitaan, dan isi pokok berita!
Tugas!
Carilah sebuah koran yang baru diterbitkan kemudian
a. Temukan unsur-unsur berita pada teks berita tersebut!
b. Catatlah sumber, tanggal pemberitaan, dan isi pokok berita!
Komentar
Posting Komentar