STRUKTUR SURAT PRIBADI KELAS 7 (MATERI DAN TUGAS) Kamis, 26 Maret 2020

Struktur Surat Pribadi

Bagian-Bagian Teks Surat Pribadi
Di atas sudah dijelaskan bahwa teks surat pribadi tidak mempunyai standar resmi atau acuan didalam pembuatanya. Dalam penulisan surat pribadi bebas akan menulis apa sesuka dengan sang penulis.
Tetapi dalam teks surat pribadi juga harus memperhatikan beberapa bagian penting hal tersebut bertujuan untuk menghundari beberapa kesalahan.
Oleh karena itu kamu akan menjerlaskan secara lengkap tentang bagian-bagian dari surat pribadi yang wajib diketahui.
Struktur surat pribadi:
  1. Tempat dan Tanggal Pembuatan Surat
  2. Alamat Penerima
  3. Mencantumkan Kata Sapaan
  4. Paragraf Pembuka
  5. Bagian Isi Surat
  6. Bagian Penutup
  7. Nama Penulis dan Tanda Tangan
Penjelasannya:

1. Tempat dan Tanggal Pembuatan Surat

Tempat dan tanggal pembuatan surat merupakan bagian dari surat pribadi yang sangat penting karena sama dengan beberapa surat lainnya yang ditemui.
Hal tersebut sangat penting karena tidak boleh dilewatkan untuk bagian tempaty dan tanggal pembuatan surat walaupun yang dibuat adalah surat pribadi.
Tempat dari penulisan tempat dan tanggal tersebut pada umumnnya terletak pada bagian sebelah atas kanan atau kiri surat.
Pada bagian bulanya lebih baik ditulis dengan huruf kapital. Pada bagian dari pemisah tempat dan tanggal biasanya menggunakan tanda komadan diakhiri dengan tanda titik.
Saat surat tersebut dibuat dengan cara diketik lebih baik tempat dan tanggal tulisan dicetak tebal.
Contohnya yaitu sebagai berikut:
  • Semarang, 14 Februari 2019.
  • Semarang, 14-02-2019.
  • Semarang, 14/02/2019

2. Alamat Penerima

Selain dari tempat dan tanggal pembuatan surat sang penulis surat juga harus menyertakan alamat untuk penerimaseperti yang ada pada surat resmi pada umumnya.
Pada bagian tersebut juga harus menulis juga sang penerima surat tersebut, dalam hal tersebut biasanya diawali dengan menulis namanya terlebih dahulu.
Disamping hal tersebut juga kata sapaan penting untuk dicantumkan didalam surat tersebut. Sebagai contoh dari kata sapaan tersebut adalah seperti temanku, sahabatku,kekasihku dan masih banyak yang lainnya.
Selanjutnya adlah menulis nama kota surat pribadi. Penulis tidak harus menuliskan nama asli dari kota tersebut bisa saja dengan menggunakan julukan dari kota tersebut.
Contohnya saja yogyakarta kota pelajar, Malang kota pelajar, Dieng negeri atas awan.
Berikut dari contoh penulisan alamat pada jenis surat pribadi.
Kepada Sahabatku Terbaikku, Daniel saputra
Di Bandung
Untuk Teman Terbaikku,
Di Aceh
Dari beberapa contoh tersebut kamu bisa memberikan beberapa kreasi atau variasi sesuai dengan minat masing-masing.
Yang paling penting alamatnya dan juga bahasanya juga haris jelas dan mudah untuk dipahami oleh pembaca.

3. Mencantumkan Kata Sapaan

Bagian penting yang tidak boleh terlewatkan sleanjutnya adalah mencantumkan kata sapaan. Sifat dari kata sapaan ini tidak resmi atau non-formal.
Sang penulis dan pembaca surat bisa menggunakan bahasa yang pada umumnya digunakan dalam waktu sehari-hari.
Tujuan dari penggunaan kata sapaan tersebut adalah untuk mempererat suatu hubungan dari sang penulis dan juga pembaca surat.
Walaupun menggunakan bahasa yang sering digunakan dalam sehari-hari tetap harus menggunakan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti agar tidak melukai atau menyinggung sang pembaca surta.
Kami akan memberikan beberapa contoh dari penulisan sapaan surat pribadi yang bisa dijadikan sebagai referensi atau rujukan saat anda ingin membuat teks surat pribadi:
  • Assalamuallaikum
  • Halo temanku
  • Salam kangen
  • Salam manis
  • Hay cantik
  • Kakaku yang baik
  • Dan masih banyak lainnya

4. Paragraf Pembuka

Pada bagian paragraf pembuka dalam surat pribadi masih sama dengan surat-surat pada umumnya, yaitu menggunakan paragraf pembuka.
Tetapi penting juga bahwa dari penulisan pembuka surat tersebut berbeda dengan paragraf pembuka surat lainnya. P
ada umumnya pada bagian pembuka biasanya meluapkan isi hati baik itu meluapkan suatu kerinduan atau ungkapan atau yang lainnya.
Didalam penulisan pembukan tidak diwajibkan untuk menggunakan bahasa yang formal. Sang openulis bisa menggunkan bahasa yang dipakai sehari-hari agar terkesan lebih santai.
Sang penulis biasanya juga memasukan kalimat basa-basi pada bagian pembuka agar terlihat lebih akrab karena sudah lama tidak saling menyapa.
Tentu saja sang penerima surat atau sang pembaca juga akan merasa semakin dekat dengan sang pengirim surat walaupun sudah lama tidak bertemu.

5. Bagian Isi Surat

Dari beberapa bagian yang sudah dijelaskan selanjutnya adalahinti atau isi dari surat pribadi. pokok dari dibuatnya surat pribadi adalah pada bagian ini.
Pada umumnya yang dituliskan pada bagian tersebut adalahg maksud atau tujuan dari dibuatnya surat pribadi tersebut.
Contohnya saja seperti mengungkapkan rasa yang ada didalam hatinya atau bisa saja unek-unek yang sedang terjadi pada sang penulis surat.
Bisa juga dengan menyertakan rasa kangen yang sedang dirasa atau meberikan kabar baik atau kabar buruk dan masih banyak lainnya.
Selain hal tersebut sang penulis juga bisa mengisi bagian surat pribadi dengan pengalam yang berkesan atau penting yang dilaluinya baik itu bahagia ataupun sedih.
Pada penulisan bagian isi surat juga tidak harus terlalu formal.
Tulis saja dengan bahasa yang sopan dan mudah untuk dimengerti sang pembaca surat dan usahakan tidak berbelit-belit agar sang pembaca tidak kesulitan untuk memahami isi surat tersebut.

6. Bagian Penutup

Bagian selanjutnya yang tidak boleh untuk terlewatkan adalah bagian penutup. Pada umumnya yang ditulis dalam bagian penutup adalah mengatakan permohonan maaf kepada sang pembaca surat.
Selain hal tersebut juga bisa untuk memberikan berbagai ucapan terima kasih dan harapan agar lebih akrab. Dalam bagian penutupp surat sebaiknya ditulis jangan terlalu banyak.
Penulisan penutup yang baik yaitu sekitar 2-3 kalimat saja dan mudah untuk dipahami. Saat menulis bagian penutup dengan cara yang bertele-tele maka akan merusak kerapian dari teks surat pribadi.

7. Nama Penulis dan Tanda Tangan

Pada bagian akhir dari tejks surat pribadi yaitu menulisakan nama terang dan tanda tangan si penulis atau si pengirim. Bagian tersebut biasanya di tulisakn pada bagian bawah pojok kanan atau kiri dari surat.
Nama dan juga tanda tangan yang dicantumkan biasanya ditulis dengan cara singkat dan jelas.
Dan jangan lupa juga dengan memberikan tanda tangan pada bagian bagian tersebut karena kebanyakan lupa untuk memberikan tanda tangan.
Walaupun itu surat pribadi yang termasuk bukan surat resmi atau formal tetapi sangat penting untuk memberikan tanda tangan.
Selain kelengkapan dari surat tersebut tanda tangan juga berfungsi untuk menyakinkan kepada sang pembaca surat kalau surat tersebut benar-benar dari sang penulis.
Beberapa dari bagian yang harus ada dalam surat pribadi tersebut harus benar-benar untuk dipahami satu sama yang lainnya.
Jangan sampai ada yang tidak ditulis atau terlewatkan dalam surat tersebut atau memberikan efek yang kurang enak untuk dibaca atau kurang sempurna.

Contoh Surat Pribadi

Kami akan memberikan beberapa contoh agar kamu tidak bingung dengan penjelasan yang sudah kami berikan diatas.

1. Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat

Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat
Bandung, 24 Maret 2019
Kepada Sahabat terbaikku
Di Sulawesi
Assalamuallaikum
Hay Tik, syukur Alhamdulillah sekarang saya dalam keadaan yang sehat wal alfiat tanpa suatu halangan apapun.
Saya juga sangat berharap dan bersyukur kepada Allah SWT karena kabar kamu disana baik-baik saja. Sudah lama kita tidak berjumpa, saya sudah tidak sabar untuk kembali bertemu dengan dirimu seperti biasa yag sekedar bercerita tentang pengalaman kita berdua.
Pasti kamu sekarang sudah tambah manis dan cantik ya.
Oh iya tentang kehidupanku sekarang saya sangat senang tinggal ditempat ini walaupun pada awalnya selalu susah untuk beradaptasi. maklumlah karena udara yang ada di kota itu sangat panas.
saya sangat merindukan dirimu tika. Rindu dengan keseharian kita yang dulu didesa. Tak lupa juga rindu dengan teman-teman yang berada didesa sana.
Kebetulan ada baik yang bisa saya sampaikan kepadamu. Sekarang Saya sudah diterima di UGM jurusan Agama Islam.
Saya berhasil dengan bersaing ribuan pendaftar lainnya. Aku belajar siang malah tanpa henti dan akhirnya bisa diterima di Universitas Gajah Mada yang dulu pernah kamu bilang bahwa salah satu Universitas terbaik di Indonesia.
Tik, kamu juga harus rajin belajar agarjalan hidupmu diberi dengan kemudahan. Jangan lupa juga untuk Sholat dan juga berdoa agar semua yang kamu inginkan dan cita-citakan bisa terkabul.
Dan yakinlah bahwa diriku selalu mendoakanmu dari sini walaupun tidak berada disampingmu. Saya akan selalu menunggu dan kamu juga harus semangat ya.
Saya kira sudah cukup untuk kali ini harapan dan kabar dariku. Semoga sehat dan sukses selalu dalam lindungan Allah.
Wassalamuallaikum
Sahabat baikmu
ttd
Fitri
TUGAS!
Carilah salah satu surat pribadi di internet kemudian analisislah strukturnya langsung di surat tersebut, usahakan hanya satu halaman saja suratnya. Ditulis dengan rapi dan dihias atau gunakan kertas binder bergambar kemudian kirimkan foto selfi kalian dan foto tugas wa 0895621990978. Batas pengumpulan sampai pukul 12.00 WIB. Jika ada kurang paham dengan materi atau tugas di atas silakan tinggalkan komentar atau konsultasikan di grup wa.

Komentar

  1. Nama:Silva Sari
    Kelas:7a. "HADIR"

    BalasHapus
  2. Nama: Hana Lathifah Puteri
    Kelas: VII A
    "Hadir"

    BalasHapus
  3. Nama: Hana Lathifah Puteri
    Kelas: VII A
    "Hadir"

    BalasHapus
  4. Nama : Meiliza Dwi Puspa
    Kelas. : VII A "HADIR"

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Nama:kanjeng ayu zahwa p.l
    Kls:VII A 'HADIR'

    BalasHapus
  7. Nama : Gadis Aurelya K
    Kelas : VII A
    "Hadir"

    BalasHapus
  8. Nama:zaskia ramadhani
    Kelas:7a
    "HADIR"

    BalasHapus
  9. Nama:Dinda Apri Lestari
    Kelas:Vll A. "Hadir"

    BalasHapus
  10. Nama: Keisya Aulia Nissa
    Kelas: 7.A "Hadir"

    BalasHapus
  11. Nama : Paribanu Wulan K
    Kelas : Vll A "Hadir"

    BalasHapus
  12. Nama:Annisa Tritania Zahra
    Kelas :7 "hadir"

    BalasHapus
  13. Nama : putri anggun s.
    Kelas .: 7a
    "Hadir"

    BalasHapus
  14. Nma:RizkiaRahmadani
    Klas:VIIA
    "HADIR"

    BalasHapus
  15. Nama:Kresno Setyo Wibowo
    Kelas:VII A "Hadir"

    BalasHapus
  16. Nama:Gading Muhammad Rais
    Kelas:7A"Hadir"

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisi Kisi Soal UH Bab 5 Puisi Rakyat, Kamis 23 Januari 2020

KAIDAH KEBAHASAAN SURAT DINAS DAN SURAT PRIBADI KELAS 7 (MATERI DAN TUGAS) Senin, 30 Maret 2020

Kisi-kisi Soal Kelas 7 dan 8 Mid Semester, Kamis. 19 September 2019