MENULIS SURAT DINAS KELAS 7 (MATERI DAN TUGAS) KAMIS, 9 APRIL 2020

Jenis-jenis Surat Dinas

Surat dinas sendiri terbagi dalam berbagai jenis tergantung dari fungsi dan siapa yang mengeluarkan surat tersebut. Ada juga surat dinas yang dikeluarkan oleh perorangan untuk mengundang seseorang motivator atau traner untuk meningkatkan kinerja. Ada juga surat yang dibuat untuk menyampaikan informasi. Berikut jenis-jenis surat dinas.

Surat Permohonan

Surat permohonan ini berisi tentang permohonan atau permintaan sesuatu pada pihak lain. Misalnya permohonan kepada seseorang untuk mengisi dalam suatu acara seperti seminar. Atau permohonan izin, permohonan pindah tugas/mutasi dan juga pinjaman sesuatu.
Surat ini biasanya dikirimkan kepada instansi yang secara structural organisasi yang lebih tinggi. Sementara itu untuk instansi atau pejabat yang memiliki kedudukan lebih rendah lebih tepat disebut dengan surat permintaan atau penugasan. Di dalam surat permohonan wajib disebutkan beberapa hal pokok berikut.
  1. Identitas pemohon
  2. Isi permohonan.
  3. Tujuan dan alasan pemohon.
  4. Batas waktu maksimal untuk menjawab permohonan.
  5. Pernyataan kesungguhan dalam memohon.
  6. Surat Pemberitahuan
Surat ini biasanya berisi tentang suatu informasi baru yang akan disosialisakan agar diketahui oleh pihak lain yang terkait dengan informasi tersebut. Surat ini bersifat hanya menyampaikan informasi oleh karena itu tidak memerlukan tanggapan atau balasan dalam bentuk surat. Secara umum surat pemberitahuan dibuat dengan sistematik seperti berikut.
  • Bagian pembuka, berisi masalah utama dari dibuatnya surat.
  • Bagian isi, berisi rincian, uraian, keterangan, atau penjelasan dari masalah pokok yang akan diberitahukan.
  • Bagian penutup, berisi harapan agar pihak yang dituju memaklumi hal yang disampaikan.
  • Surat Keterangan
Surat ini biasanya berisi tentang keterangan resmi tantang status atau kondisi seseorang yang dikeluarkan oleh pejabat yang memiliki kewenangan. Contohnya surat keterangan berkelakuan baik, surat keterangan sehat dan terbebas dari narkoba yang dikeluarkan oleh pihak kepolisian. Selain itu ada juga surat keterangan tidak mampu yang dikeluarkan oleh instansi pemerintahan dan juga surat pengalaman kerja yang dikeluarkan oleh perusahaan. Surat keterangan biasanya diterbitkan oleh pemimpin atau pejabat tinggi dalam sebuah institusi atas permintaan seseorang yang mempunyai kepentingan. Berikut hal-hal yang harus ada dalam surat keterangan.
  1. Data pribadi dan jabatan pihak yang membuat keterangan.
  2. Data pribadi pihak yang diterangkan.
  3. Isi keterangan.
  4. Keterangan tanggal berlakunya surat.
  5. Pernyataan bahwa keterangan yang dibuat adalah benar.

Memo dan Nota Dinas

Memo Note
Sumber Gambar:bonjourlife.com
Memo merupakan singkatan dari kata memorandum yang berasal dari kata memory yang memiliki arti ingatan. Sedangkan istilah note yang memiliki arti catatan. Memo atau nota dinas merupakan salah satu surat khusus yang dipakai antar instansi atau pejabat di lingkungan suatu lembaga. Penggunaan memo resmi tentu sangat berbeda dengan memo pribadi. Memo pribadi biasanya digunakan oleh perseorangan dan bisa dikirimkan kepada siapa saja, asalkan orang tersebut sudah mengenal dengan baik dengan pengirim memo.

Cara Menulis Surat Dinas

Dalam penulisan surat dinas biasanya menggunakan bahasa baku. Ada beberapa syarat dan kaidah yang harus dipenuhi dalam membuat surat dinas diantaranya menggunakan bahasa resmi yaitu bahasa Indonesia yang memiliki ejaan yang berlaku. Sedangkan untuk format surat dinas juga memiliki peraturan khusus diantaranya harus mengandung kepala surat atau kop surat, nomor surat, hal, lampiran jika ada, tanggal pembuatan surat, alamat yang dituju serta salam pembuka dan penutup. Cara pembuatan surat dinas sudah pernah ulas lengkap pada artikel contoh dan cara membuat surat resmi.

Contoh Surat Dinas yang Baik

Contoh Surat Dinas yang Menarik
Sumber Gambar:taromapriyanto.com
Walaupun sudah dijelaskan di atas tentang surat dinas beserta bagian-bagian yang ada di dalamnya terkadang untuk membuatnya masih merasa kesulitan. Oleh karena itu kami akan memberikan contoh surat dinas untuk dijadikan referensi, sehingga bisa membuat surat dinas dengan format yang baik.
Inilah beberapa contoh surat yang telah kami kumpulkan dari berbagai sumber yang bisa dijadikan sumber referensi dalam membuat surat dinas.

Contoh surat dinas sekolah

==================================================

PEMERINTAH PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DINAS PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 21 YOGYAKARTA Jl. Jayakarta 12 yogyakarta, Telp 6361612172

===============================================================
Yogyakarta, 2 mei 2015 Nomor : 299/smk21/2015
Lampiran : – Perihal : Undangan Wali Murid
Yth. Orang Tua / Wali Murid SMK Negeri 21 Yogyakarta
Assalamu’alaikum Wr. Wb., salam sejahtera bagi kita sekalian Dalam rangka memperingati hari jadi SMK Negeri 21 Yogyakarta, Kami selaku pengurus OSIS SMK Negri 21 Yogyakarta akan melakukan acara peringatan dan santunan kepada anak yatim piatu, kami mohon kiranya para Orang Tua / Wali Murid dapat berpartisipasi acara tersebut, oleh karena itu kami mohon kehadirannya pada :
Hari / tanggal : Selasa / 20 mei 2015 Tempat : Gedung serba Guna SMK Negri 21 Yogyakarta Acara : Partisipasi dari Orang Tua / Wali Murid
Mengingat pentingnya acara tersebut, di mohon kehadirannya tepat pada waktunya, demikian undangan ini, atas kehadiran dan partisipasinya kami mengucapkan terimakasih.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Mengetahui, Kepala Sekolah SMK Negeri 21 Yogyakarta 

Arya B, M.Pd.
Ketua OSIS

 Nurul Huda

TUGAS!
Dalam rangka memperingati perpisahan siswa kelas 9 SMP Al Azhar 1 Bandarlampung, rencananya anggota OSIS akan mengadakan acara perpisahan pada 10 April 2020, namun acara tersebut harus dibatalkan karena wabah virus Covid-19 yang saat ini kita rasakan, oleh karena itu kalian diminta oleh pembina OSIS untuk membuat surat berupa pengunduran acara yang akan diadakan pada bulan Juni 2020 yang ditujukan kepada Kepala Sekolah. Sebagai sekretaris OSIS kamu diminta untuk membuat surat tersebut. Buatlah sesuai dengan STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN SURAT DINAS yang telah kalian pelajari sebelumnya!
Seperti biasa tinggalkan komentar untuk mengisi kehadiran hari ini. Batas pengumpulan tugas sampai pukul 14.00 WIB. Kumpulkan tugas beserta foto selfi ke wa 0895621990978. Tugas ditulis di kertas polio dan ingat semua tugas jangan sampai hilang ya karena semua tugas-tugas akan dikumpulkan saat masuk sekolah nanti.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisi Kisi Soal UH Bab 5 Puisi Rakyat, Kamis 23 Januari 2020

KAIDAH KEBAHASAAN SURAT DINAS DAN SURAT PRIBADI KELAS 7 (MATERI DAN TUGAS) Senin, 30 Maret 2020

Kisi-kisi Soal Kelas 7 dan 8 Mid Semester, Kamis. 19 September 2019