MENULIS SURAT PRIBADI KELAS 7 (MATERI DAN TUGAS) SELASA, 7 APRIL 2020

Langkah Penulisan Surat Pribadi
Langkah-langkah Penulisan Surat Pribadi Berdasarkan Peristiwa
Sebagai bahan latihan dalam menulis surat pribadi, kamu harus mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.
a. Mencermati kerangka isi yang telah disusun
Kerangka isi yang telah disusun tersebut misalnya, pembukaan (ungkapan syukur, menyampaikan kabar keluarga, menanyakan kegiatan yang dilakukan), isi (menyampaikan bahwa aku sedang berada di pengungsian dan memohon bantuan doa agar aku sabar menghadapinya), penutup (ungkapan maaf dan harapan-harapan).
b. Mengembangkan kerangka isi menjadi surat kepada sahabat/saudara/kakek dengan variasi susunan secara bebas (boleh dari isi, pembuka, penutup atau pembuka, isi, penutup)
Mengembangkan kerangka isi di atas hingga menjadi surat pribadi kepada sahabat, yaitu dimulai dari pembuka, isi, dan penutup.
c. Menggunakan ragam bahasa akrab
Karena surat pribadi bersifat personal, ragam bahasanya pun akrab, misalnya, hai, gimana kabarmu sekarang?, aku ingin sekali nginap di rumahmu, Bila. Boleh, kan? Harus boleh, ya., atau sudah dulu ya, aku sudah ngantuk, nih.
d. Menggunakan ejaan dan tanda baca yang benar
Walaupun surat pribadi, penggunaan ejaan dan tanda baca yang benar pun harus diperhatikan, misalnya, penggunaan tanda koma, titik, atua huruf kapital. Sebagai contoh, halo, bagaimana Faiq, kabar kamu? Aku harap kamu baik-baik saja, atau Nenek, aku kangen sekali ingin pulang ke kampung nenek bulan Juni nanti. Tunggu aku, ya, Nek.

TUGAS!
Perhatikan ilustrasi berikut!
a. Buatlah sebuah surat pribadi kepada guru-gurumu yang selama ini banyak mengajarimu di sekolah. Curahkan isi hatimu bahwa sebenarnya kamu rindu bersekolah lagi, namun tidak bisa karena virus corona di negeri kita sedang berada di zona merah sehingga kalian tidak dapat bersekolah seperti biasa bertemu dengan bapak/ibu guru.
b. Buatlah surat pribadi tersebut sesuai dengan struktur dan kaidah kebahasaan surat pribadi seperti yang telah kalian pelajari sebelumnya!

Seperti biasa tugas dikumpulkah hari ini maksimal pukul 15.00 WIB. Buatlah dengan menggunakan selembar kertas polio lalu dihias sebagus mungkin.Buatlah satu halaman surat saja. Jangan lupa foto selfi dan foto tugas kirim ke wa 0895621990978. Tinggalkan komentar untuk mengisi daftar kehadiran hari ini. 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisi Kisi Soal UH Bab 5 Puisi Rakyat, Kamis 23 Januari 2020

KAIDAH KEBAHASAAN SURAT DINAS DAN SURAT PRIBADI KELAS 7 (MATERI DAN TUGAS) Senin, 30 Maret 2020

Kisi-kisi Soal Kelas 7 dan 8 Mid Semester, Kamis. 19 September 2019