Kisi Kisi Soal UH Bab 5 Puisi Rakyat, Kamis 23 Januari 2020
Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA
Kelas : VII
No.
|
BAB
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Level Kognitif
|
Bentuk Soal
|
No. Soal
|
1
|
Bab 5
Mewarisi Nilai Luhur dan Mengkreasikan Puisi rakyat
|
3.9. Mengidentifikasi informasi (pesan, rima, dan pilihan kata) dari puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar
4.9 Menyimpulkan isi puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang disajikan dalam bentuk tulis
3.10. Menelaah struktur dan kebahasaan puisi rakyat(pantun, syair,dan bentuk puisi rakyat setempat)
4.10. Mengungkapkan gagasan, perasaan, pesan dalam bentuk puisi rakyat secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, rima, dan penggunaan bahasa
|
Puisi rakyat
· Ciri puisi rakyat
(pantun,Syair.
· menyimpulkan isi pada pantun, dan syair
· Pola pengembangan isi pantun,gurindam, syair
· Variasi kalimat perintah, saran, ajakan, larangan dalam pantun
|
· Disajikan sebuah soal untuk menyebutkan ciri-ciri pantun
· Disajikan sebuah ilustrasi siswa dapat menentukan pantun yang sesuai dengan ilustrasi
· Disajikan sebuah pantun syair siswa dapat menentukan tema syair
· Disajikan sebuah gurindam siswa dapat menentukan isi gurindam
· Disajikan sebuah pantun siswa dapat menentukan bagian sampiran pada pantun
· Disajikan ciri-ciri puisi rakyat siswa dapat menentukan ciri-ciri syair
· Disajikan sebuah syair siswa dapat menentukan alasan disebut syair
· Disajikan sebuah pantun siswa dapat menentukan kesalahan dalam kutipan pantun
· Disajikan sebuah pantun siswa dapat menentukan imaji yang digunakan dalam pantun
· Disajikan sebuah pantun siswa dapat melegkapi bagian pantun
· Siswa dapat menulis pantun berupa nasihat
|
- Pengetahuan dan pemahaman
- Penalaran
- Aplikasi
- Aplikasi
- Pengetahuan dan pemahaman
- Pengetahuan dan pemahaman
- Penalaran
- Penalaran
- Pengetahuan dan pemahaman
- Aplikasi
- Penalaran
|
PG
Esay
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
Esay
|
1
2
4
7
9
2
3
8
10
11
5,6
1
|
BAB 6
Mengapresiasi dan Mengkreasi Fabel
|
3. 11 Mengidentifikasi informasi tentang fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar
4. 11 Menceritakan kembali isi fabel/legenda daerah setempat
|
Fabel/legenda
· Ciri cerita fabel/legend
· Langkah memahami isi cerita fable
· Langkah menceritakan kembali isi fabel/legenda
|
· Disajikan sebuah kutipan fabel siswa dapat menentukan latar,tokoh serta watak tokoh
· Disajikan sebuah fabel siswa dapat menetukan pernyataan yang sesuai dengan isi fabel
· Disajikan sebuah fabel siswa dapat menentukan maksud kalimat pada fabel
· Disajikan sebuah fabel siswa dapat menentukan bagian fabel
· Disajikan sebuah fabel secara acak siswa dapat mengurutkan teks dengan baik
· Disajikan sebuah teks fabel siswa dapat melengkapi kalimat pada fabel
· Disajikan sebuah fabel siswa dapat menentukan ekspresi tokoh
|
- Penalaran
- Pengetahuan dan pemahan
- Aplikasi
- Pengetahuan dan pemahaman
|
PG
Esay
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
12
3,4
13
14
16,17,
18
15
19
20
| |
BAB 7
Berkorespondensi dengan surat Pribadi dan Surat Dinas
|
3.12 Menngidentifikasi informasi (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar
4.12 Menyimpulkan isi (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) surat pribadi dan surat dinas yang dibaca atau diperdengarkan
|
· Disajikan sebuah surat dinas siswa dapat menentukan bagian surat
· Disajikan sebuah surat dinas siswa dapat melengkapi isi surat
|
- Pengetahuan dan pemahaman
- Pengetahuan dan pemahaman
|
PG
PG
|
21
23
| ||
3.13 Menelaah unsur-unsur dan kebahasaan dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar
4. 13 Menulis surat (pribadi dan dinas) untuk kepentingan resmi dengan memperhatikan struktur teks, kebahasaan, dan isi
|
· Disajikan sebuah surat dinas siswa dapat menentukan tanggal surat
· Disajikan sebuah surat dinas siswa dapat menentukan isi surat balasan berdasarkan ilustrasi
· Disajikan ilustrasi siswa dapat menulis surat
|
- Pengetahuan dan pemahaman
- Penalaran
|
PG
|
Komentar
Posting Komentar