DARING BAHASA INDONESIA KELAS 7 DAN 8 (MATERI DAN TUGAS) KAMIS 14 MEI 2020

Pengertian dan Langkah-langkah Metode Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R)


Metode SQ3R merupakan suatu prosedur belajar yang sistematik dan bersifat praktik. Metode SQ3R merupakan suatu metode membaca yang sangat baik untuk kepentingan membaca secara intensif dan rasional.
Menurut Huda (2014: 244) yaitu : “SQ3R menurut strategi pemahaman yang membantu siswa berpikir tentangteks yang sedang mereka baca. Seringkali dikategorikan sebagai strategi belajar,SQ3R membantu siswa ‘mendapatkan sesuatu’ ketika pertama kali mereka membaca teks.bagi guru SQ3R membantu mereka dalam membimbing siswa bagaimana membaca dan berpikir layaknya para pembaca efektif”.
Islamudin (2012:179) menjelaskan bahwa pada prinsipnya metode SQ3R digunakan untuk mempelajari teks, artikel ilmiah dan laporan penelitian yang meliputi :
  1. Survey, maksudnya memeriksa atau meneliti atau mengidentifikasikan seluruh teks.
  2. Question, maksudnya menyusun daftar pertanyaan yang relevan dengan teks.
  3. Read, maksudnya membaca teks secara aktif untuk mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang telah tersusun.
  4. Recite, maksudnya menghafal setiap jawaban yang telah ditemukan.
  5. Review, maksudnya meninjau ulang seluruh jawaban atas pertanyaan yang tersu sun pada langkah kedua dan ketiga.
Syah (2010 :128) menjelaskan bahwa metode SQ3R digunakan untuk mempelajari teks, artikel ilmiah dan laporan penelitian sebagainya yaitu:
  1. Survey, maksudnya memeriksa atau mengidentifikasi seluruh teks.
  2. Question, maksudnya menyusun daftar pertanyaan yang relevan dengan teks.
  3. Read, maksudnya membaca teks secara aktif untuk mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang telah tersusun.
  4. Recite, maksudnya menghafal setiap jawaban yang telah ditemukan.
  5. Review, maksudnya meninjau ulang seluruh jawaban atas pertanyaan yang tersusun pada langkah kedua dan ketiga.
Dari uraian di atas dapat diketahui bahwa Metode Pembelajaran SQ3R adalah metode yang membantu siswa berfikir tentang teks yang mereka baca sehingga siswa mendapatkan pemahaman ketika pertama kali mereka membaca teks tersebut. Metode SQ3R juga dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca serta keterampilan dalam meninjau ulang seluruh jawaban atas pertanyaan yang telah diberikan.
Tugas untuk kelas 7 dan 8!
Temukan kemudian ringkaslah manfaat, kelemahan, dan kelebihan serta bagaimana proses penerapan metode membaca SQ3R dalam membaca sebuah teks fiksi maupun non fiksi. Tugas dikumpulkan paling lambat pukul 17.00 WIB. Silakan kirimkan foto selfi dan tugas ke no 0895621990978. Seperti biasa tinggalkan komentar untuk mengisi daftar kehadiran.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisi Kisi Soal UH Bab 5 Puisi Rakyat, Kamis 23 Januari 2020

KAIDAH KEBAHASAAN SURAT DINAS DAN SURAT PRIBADI KELAS 7 (MATERI DAN TUGAS) Senin, 30 Maret 2020

FIKSI DAN NON FIKSI KELAS 7 (MATERI DAN TUGAS) KAMIS, 16 APRIL 2020