Materi Daring Bahasa Indonesia Kelas 8, Selasa 19 Mei 2020

BUKU FIKSI DAN NON FIKSI

  Kali ini kita akan membahas Pengertian tentang buku non fiksi, karangan nonfiksi adalah karangan yang di buat atas dasar fakta atau hal yang benar-benar terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Non fiksi merupakan sebuah karangan yang di hasilkan dalam bentuk cerita nyata atau cerita kehidupan setiap hari yang di tuliskan menjadi sebuah cerita. Dengan kata lain non fiksi merupakan karya yang bersifat faktual atau peristiwa yang benar-benar terjadi.

Karangan Non fiksi sendiri di kelompokkan menjadi dua jenis, yakni:

Non fiksi murni
Non fiksi murni ialah buku yang berisi tentang pengembangan berdasarkan dari data-data yang otentik atau pasti.

Non fiksi kreatif
Non fiksi kreatif merupakan berasal dari data otentik yang di dapatkan dan kemudian di kembangkan dengan berdasarkan imajinasi yang biasanya berbentuk puisi, frosa dan novel.

       Unsur dari cerita ini lebih condong ke sebuah informasi dan pengetahuan yang lebih bersifat diagram, materi, table dan lainya. Umumnya gaya bahasa pada cerita non fiksi menggunakan bahasa denotatif karena data yang di sampaikan nyata dan bersifat informatif.

       Cerita non fiksi memiliki struktur orientasi dan menggunakan urutan peristiwa. Pada struktur cerita ini lebih berdasarkan peristiwa dan kejadian. Sehingga di dalamnya tidak ada imajinasi yang di buat – buat untuk membuat penulis lebih mempercayai atau lebih mendramatisir sebuah keadaan.



Soal

Apa yang dimaksud dengan fakta?
Carilah contoh karya non fiksi minimal 5?
Apa yang dimaksud bahasa denotatif dan konotatif

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisi Kisi Soal UH Bab 5 Puisi Rakyat, Kamis 23 Januari 2020

KAIDAH KEBAHASAAN SURAT DINAS DAN SURAT PRIBADI KELAS 7 (MATERI DAN TUGAS) Senin, 30 Maret 2020

FIKSI DAN NON FIKSI KELAS 7 (MATERI DAN TUGAS) KAMIS, 16 APRIL 2020