Teks Deskripsi Kelas 7 1 Agustus 2019 (Pertemuan 1)

Pertemuan 1 (2 JP)

TEKS DESKRIPSI

A.  Kompetensi Inti :
  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.  Kompetensi  Dasar 
4.1 Menentukan isi teks deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain tradisional, dll) yang didengar dan dibaca.

C. IPK
4.1.1 Memetakan isi teks deskripsi (topik dan bagian-bagiannya)
4.1.2 Menjawab pertanyaan isi teks deskripsi


D.  Kegiatan Pembelajaran
  1. Pendahuluan
  • Mengucapkan salam, berdoa, mengondisikan kelas ke dalam situasi belajar, mengabsen siswa dan perkenalan.
  • Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran ketika di SD dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
  • Guru bertanya-jawab tentang bentuk teks deskripsi dalam kehidupan sehari-hari. Pada bagian awal ini siswa disadarkan adanya teks deskripsi dalam komunikasi nyata (pada majalah perjalanan, pada novel, dan ragam komunikasi yang lain).Ini bertujuan agar siswa lebih menyadari manfaat praktis untuk berkontribusi dalam masyarakat. Dalam kehidupan sehari-hari, berbagai jenis teks digunakan secara bersamaan atau sendiri-sendiri. Setiap jenis teks memiliki fungsi yang saling berkaitan.
  • Dibuka dengan contoh teks deskripsi yang berupa nyanyian deskripsi (Rayuan Pulau Kelapa).
  • Bertanya jawab tentang kata kunci pada lagu dan hubungannya dengan teks deskripsi.
  • Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.
  • Membangun konteks untuk menumbuhkan sikap yang telah dirancang pada KD 2 
     2. Kegiatan Inti
  • Mengamati judul teks
  • Menanya apa saja isi teks dan bagaimana cara memahami
  • Menggali informasi
  • Membaca beberapa teks deskripsi
  • Menalar
o    Mendiskusikan isi teks
o    Memetakan isi teks
o    Membandingkan isi beberapa teks
o    Menyimpulkan cara memahami isi teks
  • Mengomunikasikan
o    Menyajikan hasil pemahaman isi teks dan cara memahami isi teks

3.  Penutup
  • Siswa bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yang telah dipelajari.
  • Siswa bersama guru melakukan indentifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksnakan.
  • Siswa menerima umpan balik tentang proses pembelajaran.
  • Mewajibkan siswa untuk membaca buku yang berkaitan dengan objek-objek di Nusantara baik mengenai wisata, kuliner, situs sejarah, museum, taman asional, dan lain-lain. Hasil bacaan siswa dituangkan pada jurnal harian berikut. Sikap yang ditekankan adalah minat baca yang tinggi, rasa tanggung jawab, dan kejujuran dalam melakukan tugas.
  • Siswa menerima penyampaian tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.

E.  Penilaian, Pembelajaran Remedial, dan Pengayaan
  1. Penilaian Pengetahuan
Teknik                   :  Tes tulis
Bentuk                   :  Uraian
Indikator Soal        :          
Disajikan teks deskripsi Ayah, Panutanku
Soal
Jawablah Pertanyaan berikut!
Jelaskan pengertian teks deskripsi.
Perhatikan Teks berikut untuk menjawab soal nomor 2 sampai dengan 10

Ayah, Panutanku
Ayahku bernama Abu Salman. Ayah berpostur sedang, berumur sekitar 54 tahun. Rambutnya putih beruban. Di dagunya terdapat bekas cukur jenggot putih di dagunya. Kulit ayahku kuning langsat. Wajah ayah tipikal Batak dengan rahang yang kuat dan hidung mancung tapi agak besar. Matanya hitam tajam dengan alis tebal. Sepintas ayahku seperti orang India.

Meskipun kelihatannya mengerikan, ayahku orang yang sabar. Wajahnya teduh dan selalu tersenyum menghadapi masalah apa pun. Ya, ayahku adalah orang yang paling sabar yang pernah aku kenal. Tidak pernah terlihat marah-marah atau membentak. Beliau selalu menunjukkan perasaanya lewat gerakan bermakna di wajahnya. Jika melihat anaknya membandel, ayah hanya menggeleng sambil berkata lirih untuk membujuknya.
2.  Berdasarkan teks di atas apa tujuan teks tersebut.
3.  Apa ciri objek yang dideskripsikan pada paragraf pertama teks di atas.
4.  Apa ciri isi teks di atas.
5.  Sebut  pendapat subjektif tentang objek pada teks di atas.
6.  Sebutkan kata khusus yang terdapat pada teks di atas.
7.  Sebutkan kalimat yang berisi seolah melihat pada teks di atas.
8.  Tentukan kalimat yang mengandung majas pada teks di atas.
9.  Sebutkan kalimat-kalimat yang berisi penjelasan rincian pada teks di atas.
10.   Tentukan kalimat yang berisi kata dengan emosi kuat pada teks di atas.

2.  Penilaian Keterampilan
Teknik             :  Produk
Instrumen
Tugas
  • Memetakan pengembangan isi
Rubrik penilaian dan penskoran: terlampir
3.  Pembelajaran Remedial
Aktivitas kegiatan pembelajaran remedial dapat berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, belajar kelompok atau tutor sebaya dengan merumuskan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
4.  PembelajaranPengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

F.  Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
Media/alat       : buku
Bahan              : teks deskripsi

Sumber Belajar
  1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Halaman 1 s.d 12.
  2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Halaman 33 s.d 39.
  3. http://kecilnyaaku.com Kategori: Jenis Teks, Kotak Info dan Tugas

Lampiran Materi

Ciri Tujuan     
Tujuan teks deskripsi menggambarkan objek dengan cara memerinci objek secara subjektif atau melukiskan kondisi objek dari sudut pandang penulis Teks deskripsi  bertujuan menggambarkan/ melukiskan secara rinci dan penggambaran sekonkret mungkin suatu objek/ suasana/ perasaan sehingga pembaca seakan-akan melihat, mendengar, mengalami apa yang dideskripsikan.
Ciri Objek yang dideskripsikan        
Objek yang dibicarakan pada teks deskripsi bersifat  khusus (objek tertentu yang kemungkinan berbeda dengan objek lain).  Objek yang dideskripsikan bersifat pendapat personal. Ciri ini tergambar pada judul berisi objek pada konteks tertentu (Si Bagas Kucingku, Ibuku Kebanggaanku). Hal yang dibicarakan khusus kucing bernama Bagas yang kemungkinan memiliki sifat berbeda dengan kucing-kucing yang lain. Demikian juga Ibu yang dideskripsikan memiliki tanggapan khusus sesuai dengan pendapat penulis tentang ibu yang bisa jadi berbeda dengan ibu pada umumnya)
Ciri Isi          
Isi teks deskripsi diperinci  menjadi perincian bagian-bagian objek  
Isi teks deskripsi menggambarkan secara konkret (menggambarkan wisata yang indah akan dikonkretkan indahnya seperti apa, menggambarkan ibu yang baik akan dikonkretkan baiknya seperti apa). Dengan demikian, teks deskripsi banyak menggunakan kata khusus (warna dikhususkan pada kata hijau, biru toska, oranye)
Isi teks deskripsi bersifat personal dengan kandungan emosi sehingga menggunakan kata-kata dengan emosi kuat (ombak menggempur, kemolekan pantai, ibuku yang tangguh)

Jenis teks deskripsi
Ditinjau dari bentuknya teks deskripsi dibedakan menjadi dua kategori yaitu teks deskripsi berdiri sendiri sebagai teks dan teks deskripsi yang menjadi bagian teks lain (cerpen, novel, lagu, iklan, dll).
Ciri Teks Deskripsi dari segi Penggunaan Bahasa
·         Menggunakan kata-kata khusus  untuk mengkonkretkan ( warna dirinci  merah, kuning, hijau) Menggunakan kalimat rincian untuk mengongkretkan (Ibuku orang yang sangat baik. Dia berusaha menolong semua orang. Dia ramah dan tutur katanya lembut kepada siapa saja.
·         Menggunakan kata sinonim  dengan emosi kuat (indah  diungkapkan dengan sinonim yang lebih memiliki emosi kuat yaitu elok, permai, molek, mengagumkan, memukau, menakjubkan)
·         Menggunakan  majas untuk melukiskan secara konkret (pasir pantai lembut seperti bedak  bayi, hamparan laut biru toska seperti permadani indah yang terbentang luas, angin pantai dengan lembut mengelus wajah kita)
·         Menggunakan   kalimat rincian (Terumbu karang berwarna-warni. Ada terumbu karang oranye, abu-abu,  hijau  muda)
·         Menggunakan bahasa sehingga pembaca seolah-olah melihat, mendengar, dan merasakan apa yang dideskripsikan
·         Teks deskripsi yang  memunculkan kata ganti orang (Kucingku, Ibuku, memasuki  wisata ini Anda akan disambut)

LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
PENILAIAN OBSERVASI

Rubrik:                                        
Indikator sikap aktif dalam pembelajaran:
1.      Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran
2.      Cukup jika menunjukkan ada sedikit usaha ambil bagian dalam pembelajaran  tetapi belum ajeg/konsisten
3.      Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha ambil bagian dalam pembelajaran  tetapi belum ajeg/konsisten
4.      Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian  dalam menyelesaikan tugas kelompok  secara terus menerus dan ajeg/konsisten

Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
1.      Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
2.      Cukup jika menunjukkan ada sedikit usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
3.      Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
4.      Sangat baik jika menunjukkan adanya  usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten.

Indikator sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
1.      Kurang baik jika sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
2.      Cukup  jika menunjukkan  ada sedikit usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten
3.      Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten.
4.      Sangat baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsisten.

REKAPITULASI PENILAIAN SIKAP – OBSERVASI

NO
NAMA SISWA
SIKAP
Skor Rata-rata
Tanggung Jawab
Jujur
Pedul
Kerja Sama
Santun
Percaya Diri
Disiplin
1









2











Lembar Penilaian Sikap - Observasi pada Kegiatan Praktikum

Mata Pelajaran     : …………..
Kelas/Semester     : …………..
Topik/Subtopik    : …………..
Indikator              : Peserta didik menunjukkan perilaku ilmiah disiplin, tanggung jawab, jujur, teliti dalam melakukan percobaan ……………………………………..

No
Nama Siswa
Disiplin
Tanggung Jawab
Kerja sama
Teliti
Kreatif
Peduli Lingkungan
Keterangan
1








2








,,,,








Kolom Aspek perilaku diisi dengan angka yang sesuai dengan kriteria berikut.
4 = sangat baik
3 = baik
2 = cukup
1 = kurang



Lembar Penilaian Sikap - Observasi pada Kegiatan Diskusi

Mata Pelajaran     : …………..
Kelas/Semester     : …………..
Topik/Subtopik    : …………..
Indikator              : Peserta didik menunjukkan perilaku kerja sama, santun, toleran, responsif dan proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.

No
Nama Siswa
Kerja sama
Rasa Ingin Tahu
Santun
Komunikatif
Keterangan
1






2






,,,,






Kolom Aspek perilaku diisi dengan angka yang sesuai dengan kriteria berikut.
4 = sangat baik
3 = baik
2 = cukup
1 = kurang


LEMBAR PENILAIAN SIKAP – DIRI

PENILAIAN DIRI
Nama
:

Kelas
:

Kelompok
:
………………………………………
Untuk pertanyaan 1 sampai dengan 6,tulismasing-masing huruf sesuai dengan pendapatmu!
A = Selalu                     B = Sering                      C = Jarang                        D = Tidak pernah
1

Saya memiliki motivasi dalam diri saya sendiri selama proses pembelajaran
2

Saya bekerjasama dalam menyelesaikan tugas kelompok
3

Saya menunjukkan sikap konsisten dalam proses pembelajaran
4

Saya menunjukkan sikap disiplin dalam menyelesaikan tugas individu maupun kelompok
5

Saya menunjukkan rasa percaya diri dalam mengemukakan gagasan, bertanya, atau menyajikan hasil diskusi
6

Saya menunjukkan sikap toleransi dan saling menghargai terhadap perbedaan pendapat/cara dalam menyelesaikan masalah
7

Saya menunjukan sikap positip (individu dan social) dalam diskusi kelompok
8

Saya menunjukkan sikap ilmiah pada saat melaksanakan studi literatur atau pencarian informasi
9

Saya menunjukkan perilaku dan sikap menerima, menghargai, dan melaksanakan kejujuran, kerja keras, disiplin dan tanggung jawab
7










.
Selama kegiatan pembelajaran, tugas apa yang kamu lakukan?
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................


Pedoman  Penskoran:       Skor 4, jika A = Selalu           
Skor 3, jika B = Sering           
Skor 2, jika C = Jarang
Skor 1, jika D = Tidak pernah


          Skor Perolehan  =  



Penilaian Sikap - Diri
setelah peserta didik selesai belajar satu KD

Topik                   :  ………………….                                                        Nama     :  …………………
                                                                                                                  Kelas     :  …………………

Setelah mempelajari materi ……………………., Anda dapat melakukan penilaian diri dengan cara memberikan tanda V pada kolom yang tersedia sesuai dengan kemampuan

No
Pernyataan
Sudah Memahami
Belum Memahami
1
Memahami ……………………………………..


2
Memahami ……………………………………..


3
Memahami ……………………………………..


4
Memahami ……………………………………..



REKAPITULASI PENILAIAN DIRI PESERTA DIDIK

Mata Pelajaran     :  ...........................................
Topik/Materi        :  ...........................................
Kelas                    :  ...........................................

No
Nama
Skor Pernyataan penilaian Diri
Jumlah
Nilai
1
2
3
….
….
1
Refa
2
1
2
….
….


2

2
2
1
….
….


3
….







….








Nilai peserta didik dapat menggunakan rumus:
𝑁𝑖𝑙𝑎𝑖=   x100




Penilaian Sikap - Diri
setelah melaksanakan suatu tugas

Topik                   :  ………………….                                                        Nama     :  …………………
                                                                                                                  Kelas     :  …………………

Bacalah baik-baik setiap pernyataan dan berilah tanda V pada kolom yang sesuai dengan keadaan dirimu yang sebenarnya.

No
Pernyataan
Sudah Memahami
Belum Memahami
1
Selama melakukan tugas kelompok saya bekerjasama dengan teman satu kelompok


2
MemahaSaya mencatat data dengan teliti dan sesuai dengan fakta


3
Saya melakukan tugas sesuai dengan jadwal yang telah dirancang


4
Saya membuat tugas terlebih dahulu dengan membaca literatur yang mendukung tugas


5
………………………...


skor      :YA=2,       Tidak =1

REKAPITULASI PENILAIAN DIRI PESERTA DIDIK

Mata Pelajaran     :  ...........................................
Topik/Materi        :  ...........................................
Kelas                    :  ...........................................

No
Nama
Skor Pernyataan penilaian Diri
Jumlah
Nilai
1
2
3
….
….
1
Refa
2
1
2
….
….


2

2
2
1
….
….


3
….







….








Nilai peserta didik dapat menggunakan rumus:
𝑁𝑖𝑙𝑎𝑖=   x100



Penilaian Sikap - Antar Peserta Didik

Mata Pelajaran     : …………..
Kelas/Semester     : …………..
Topik/Subtopik    : …………..
Indikator              : Peserta didik menunjukkan perilaku kerja sama, santun, toleran, responsif dan proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.

Penilaian antar Peserta Didik

Topik/Subtopik: ........................................                  Nama Teman yang dinilai: ........................
Tanggal Penilaian: .....................................                  Nama Penilai:............................................

- Amati perilaku temanmu dengan cermat selamat mengikuti pembelajaran
- Berikan tanda v pada kolom yang disediakan berdasarkan hasil pengamatannu.
- Serahkan hasil pengamatanmu kepada gurumu
No
Perilaku
Dilakukan / Muncul
Ya
Tidak
1
Mau menerima pendapat teman


2
Memaksa teman untuk menerima pendapatnya


3
Memberi solusi terhadap pendapat yang bertentangan


4
Mau bekerjasama dengan semua teman


5
………………………...


Pemberian skor untuk perilaku positif = 2, Tidak = 1. Untuk yang negatif Ya = 1 dan Tidak = 2

Rekapitulasi Penilaian antar Peserta Didik

No
Nama
Skor Perilaku
Jumlah
Nilai
1
2
3
4
5
1
Nesya
2
1
2
2
2
9

2
Ara
2
2
1
….
….
….

3
….







….









Nilai peserta didik dapat menggunakan rumus:
𝑁𝑖𝑙𝑎𝑖=   x100



LEMBAR PENILAIAN SIKAP - TEMAN SEBAYA
Instrumen
Text Box: Petunjuk:
Berilah tanda (X) pada pilihan yang paling menggambarkan kondisi teman sejawat kamu dalam kurun waktu 1 (satu) minggu terakhir.
Nama Teman yang Dinilai : ……………………..
Kelas      : ……………
Tidak Pernah
Jarang 
 Sering  
 Selalu 3  
No. Aspek Penilaian 4  2 1
1. Siswa  bertanya kepada teman ketika mengerjakan tugas individu    
2. Siswa  meniru/menyontek pekerjaan teman pada saat ulangan    
3. Siswa tidak mengeluh ketika menyelesaikan tugas individu atau kelompok    
4. Siswa menuntaskan tugas yang diberikan guru    
5. Siswa bertanya kepada guru atau teman ketika proses pembelajaran berlangsung    
6. Siswa mengumpulkan tugas tepat waktu    
Jumlah    
Total Skor 
Keterangan:
• Tidak Pernah  (intensitas sikap yang diamati tidak muncul)
• Jarang (intensitasnya sikap yang diamati sebagian kecil muncul) 
• Sering (intensitasnya sikap yang diamati sebagian besar muncul) 
• Selalu (intensitasnya  sikap yang diamati selalu muncul)


Nilai = 
 































Kategori:            86 – 100     :  Sangat Baik                      71 – 85       : Baik
55 – 70      : Cukup                              < 55            : Kurang



LEMBAR PENILAIAN SIKAP  - JURNAL

Nama Siswa    : ………………..
Kelas               : ………………

No.
Hari/Tanggal
Sikap/Perilaku
Keterangan
Positif
Negatif

























Kesimpulan :

……………………………………………………………………………………………………………


Penilaian Sikap - Jurnal

Nama Peserta Didik  :  …………...........................................……..
Kelas                      : …………...........................................……..
Aspek yang diamati  :  …………...........................................……..

No
Hari/tanggal
Kejadian
Keterangan /
Tindak Lanjut
1



….



Nilai jurnal menggunakan skala Sangat Baik (SB), Baik (B), Cukup (C), dan Kurang (K)



LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN TERTULIS
(Bentuk Uraian)
Soal Tes Uraian
1.    .
2.    .
3.    .
4.    .
5.    .

Kunci Jawaban Soal Uraian dan Pedoman Penskoran
Alternatif jawaban
Penyelesaian
Skor
1

2
2

2
3

2
4

2
5

2

Jumlah
10


Nilai =


Penilaian Pengetahuan - Tes Tulis Uraian
Topik     : ………………….
Indikator  :       …………………..
Soal        : ………………….
a.       ………………….
b.      ………………….
Jawaban   :
a.       …………………
  1. …………………

Pedoman Penskoran
No
Jawaban
Skor
a.


b.


Skor maksimal




LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN -TERTULIS
 (Pilihan Ganda)

Pilih Satu Jawaban yang paling tepat !
1.
a.
b.
c.
d.
e.
dst.

Kunci Jawaban Piliahan Ganda dan Pedoman Penskoran
Alternatif  Jawaban
Penyelesaian
Skor
1

1
2

1
3

1
4

1
....

1
20

1

Jumlah
20

Nilai =
Penilaian Pengetahuan - Tes Tulis Pilihan Ganda
Topik     : ………………….
Indikator  :       …………………..
Soal        : ………………….
Jawaban   :
a.     …………………
b.    …………………
c.     …………………
d.    …………………
e.     …………………



LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN
Observasi terhadap Diskusi Tanya Jawab dan Percakapan

KELAS : . ……………..
No
Nama Peserta Didik
Pernyataan
Pengungkapan
gagasan yang
orisinil
Kebenaran Konsep
Ketepatan penggunaan istilah
Dan lain sebaginya
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
1









2









3










Penilaian pengetahuan - Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan

Nama
Peserta
Didik
Pernyataan
Jumlah
Pengungkapan gagasan yang orisinil
Kebenaran konsep
Ketepatan penggunaan istilah
YA
TIDAK
YA
TIDAK
YA
TIDAK
YA
TIDAK
Fitria








Gina








....











LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN
PENILAIAN PENUGASAN

Penilaian Pengetahuan - Penugasan
Mengidentifikasi …………………….
Tugas       : Menyusun laporan hasil percobaan tentang cara kerja …………………….secara tertulis dengan berbagai media.
Indikator :  membuat laporan hasil percobaan cara kerja …………………….

Langkah Tugas :
1.      Lakukan observasi ke pasar atau tempat lainnya untuk mendapatkan informasi mengenai …………………….
2.      Datalah yang kamu dapatkan dalam bentuk tabel yang berisi ……………………., ……………………..
3.      Diskusikan hasil observasi yang kamu lakukan beersama teman-temanmu untuk menjawab pertanyaan berikut:
a.       Jenis …………………….apa yang paling banyak kamu temukan dipasaran?
b.      Bagaimana yang terjadi?
c.       Keuntungan apa yang diperoleh dalam kehidupan?
4.      Tuliskan hasil kegiatannmu dalam bentuk laporan dan dikumpulkan serta dipresentasikan pada kegiatan pembelajaran berikutnya



Rubrik Penilaian
No.
Kriteria
Kelompok
9
8
7
6
5
4
3
2
1
1
Kesesuaian dengan konsep dan prinsip bidang studi









2
Ketepatan memilih bahan









3
Kreativitas









4
Ketepatan waktu pengumpulan tugas









5
Kerapihan hasil










Jumlah skor










Keterangan: 4 = sangat baik,            3 = baik,          2 = cukup baik,                        1 = kurang baik
NilaiPerolehan =
LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN - UNJUK KERJA

Pekerjaan :
·         .......................................................................................................................................
·         .......................................................................................................................................
·         .......................................................................................................................................
·         .......................................................................................................................................

Tabel : Rubrik Penilaian Unjuk Kerja
Tingkat
Kriteria
4
Jawaban menunjukkan penerapan konsep mendasar yang berhubungan dengan tugas ini. Ciri-ciri:
Semua jawaban benar, sesuai dengan prosedur operasi dan penerapan konsep yang berhubungan dengan tugas ini
3
Jawaban menunjukkan penerapan konsep mendasar yang berhubungan dengan tugas ini. Ciri-ciri:
Semua jawaban benar tetapi ada cara yang tidak sesuai atau ada satu jawaban salah. Sedikit kesalahan perhitungan dapat diterima
2
Jawaban menunjukkan keterbatasan atau kurang memahami masalah yang berhubungan dengan tugas ini.
Ciri-ciri:
Ada jawaban yang benar dan sesuai dengan prosedur, dan ada jawaban tidak sesuai dengan permasalahan yang ditanyakan.
1
Jawaban hanya menunjukkan sedikit atau sama sekali tidak ada pengetahuan bahasa Inggris yang berhubungan dengan masalah ini.
Ciri-ciri:
Semua jawaban salah, atau
Jawaban benar tetapi tidak diperoleh melalui prosedur yang benar.
0
Tidak ada jawaban atau lembar kerja kosong


LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN- UNJUK KERJA

KELAS : . …………..

No
Nama Siswa
Tingkat
Nilai
Ket.
4
3
2
1
1.       







2.       







3.       









Lembar Pengamatan
Penilaian Keterampilan - Unjuk Kerja/Kinerja/Praktik
Topik       :  ………………………..
KI             :  ………………………..
KD           :  ………………………..
Indikator  :  ………………………..

No
Nama
Persiapan Percobaan
Pelaksanaan Percobaan
Kegiatan Akhir Percobaan
Jumlah Skor
1





2





….





….






No
Keterampilan yang dinilai
Skor
Rubrik
1
Persiapan Percobaan (Menyiapkan alat Bahan)
30
-   Alat-alat tertata rapih sesuai dengan keperluannya
-   Rangkaian alat percobaan tersusun dengan benar dan tepat
-   Bahan-bahan tersedia di tempat yang sudah ditentukan.
20
Ada 2 aspek yang tersedia
10
Ada 1 aspek yang tersedia
2
Pelaksanaan Percobaan
30
-   Menggunakan alat dengan tepat
-   Membuat bahan percobaan yang diperlukan dengan tepat
-   Menuangkan / menambahkan bahan yang tepat
-   Mengamati hasil percobaan dengan tepat



20
Ada 3 aspek yang tersedia
10
Ada 2 aspek yang tersedia
3
Kegiatan akhir praktikum
30
- Membuang larutan atau sampah ketempatnya
- Membersihkan alat dengan baik
- Membersihkan meja praktikum
- Mengembalikan alat ke tempat semula
20
Ada 3 aspek yang tersedia
10
Ada 2 aspek yang tersedia




LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN - PROYEK

Proyek :                     
·         .......................................................................................................................................
·         .......................................................................................................................................
·         .......................................................................................................................................
·         .......................................................................................................................................

Orientasi Masalah:
Bentuklah tim kelompokmu, kemudian pergilah ke ……………… yang ada di ……………..mu. Ambil alat …………….. yang digunakan untuk ……………….. terhadap ……………. ……………… antara …………… terhadap ………….yang berada di ………….., lakukan berulang-ulang sehingga kamu menemukan …………….yang ……………… antara ……………. dengan …………… tersebut!

Langkah-langkah Pengerjaan:
1.              Kerjakan tugas ini secara kelompok. Anggota tiap kelompok paling banyak 4 orang.
2.              Selesaikan masalah terkait ……………
3.              Cari data …………… dengan ……………….. tersebut
4.              Bandingkan untuk mencari ………….. umum jumlah ……………………..pertahun
5.              Lakukan prediksi …………….. dengan ……………… tersebut
6.              Hasil pemecahan masalah dibuat  dalam laporan tertulis tentang kegiatan yang dilakukan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan pemecahan masalah, dan pelaporan hasil pemecahan masalah
7.              Laporan bagian perencanaan meliputi: (a) tujuan kegiatan, (b) persiapatrategi untuk pemecahan masalah
8.              Laporan bagian pelaksanaan meliputi: (a) pengumpulan data, (b) proses pemecahan masalah, dan (c) penyajian data hasil
9.              Laporan bagian pelaporan hasil meliputi: (a) kesimpulan akhir, (b) pengembangan hasil pada masalah lain (jika memungkinkan)
10.          Laporan dikumpulkan paling lambat …………… minggu setelah tugas ini diberikan





Rubrik Penilaian Proyek:
Kriteria
Skor
·       Jawaban benar sesuai dengan kerangka berpikir ilmiah
·       Laporan memuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan
·       Bagian perencanaan memuat tujuan kegiatan yang jelas dan persiapatrategi pemecahan masalah yang benar dan tepat
·       Bagian pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang baik, pemecahan masalah yang masuk akal (nalar) dan penyajian data berbasis bukti
·       Bagian pelaporan memuat kesimpulan akhir yang sesuai dengan data, terdapat pengembangan hasil pada masalah lain
·       Kerjasama kelompok sangat baik
4
·       Jawaban benar sesuai dengan kerangka berpikir ilmiah
·       Laporan memuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan
·       Bagian perencanaan memuat tujuan kegiatan yang jelas dan persiapatrategi pemecahan masalah yang benar dan tepat
·       Bagian pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang baik, pemecahan masalah yang masuk akal (nalar) dan penyajian data berbasis bukti
·       Bagian pelaporan memuat kesimpulan akhir yang sesuai dengan data, tidak terdapat pengembangan hasil pada masalah lain
·       Kerjasama kelompok sangat baik
3
·       Jawaban benar tetapi kurang sesuai dengan kerangka berpikir ilmiah
·       Laporan memuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan
·       Bagian perencanaan memuat tujuan kegiatan yang kurang jelas dan persiapatrategi pemecahan masalah yang kurang benar dan tepat
·       Bagian pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang kurang baik, pemecahan masalah yang kurang masuk akal (nalar) dan penyajian data kurang berbasis bukti
·       Bagian pelaporan memuat kesimpulan akhir yang kurang sesuai dengan data, tidak terdapat pengembangan hasil pada masalah lain
·       Kerjasama kelompok baik
2
·       Jawaban tidak benar
·       Laporan memuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan
·       Bagian perencanaan memuat tujuan kegiatan yang tidak jelas dan persiapatrategi pemecahan masalah yang kurang benar dan tepat
·       Bagian pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang kurang baik, pemecahan masalah yang kurang masuk akal (nalar) dan penyajian data tidak berbasis bukti
·       Bagian pelaporan memuat kesimpulan akhir yang tidak sesuai dengan data, tidak terdapat pengembangan hasil pada masalah lain
·       Kerjasama kelompok kurang baik
1
Tidak melakukan tugas proyek
0


Penilaian Keterampilan – Proyek
Mata Pelajaran     :  ……………                                             Guru Pembimbing  : ……………
Nama Proyek       :  ……………                                             Nama                      : ……………
Alokasi Waktu     :  ……………                                             Kelas                      : ……………

No
Aspek
Skor
(1 – 5)
1
PERENCANAAN :
a. Rancangan Alat
- Alat dan bahan
- Gambar rancangan/desain
b. Uraian cara menggunakan alat

2
PELAKSANAAN :
a. Keakuratan Sumber Data / Informasi
b. Kuantitas dan kualitas Sumber Data
c. Analisis Data
d. Penarikan Kesimpulan

3
LAPORAN PROYEK :
a. Sistematika Laporan
b. Performans
c. Presentasi

Total Skor





LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN
PENILAIAN PRODUK

Nama Produk                      :  ………………………………..
Nama Peserta Didik             :  ………………………………..
No
Aspek
Skor
1
Perencanaan Bahan
1
2
3
4
2
Proses Pembuatan
a.       Persiapan Alat dan Bahan
b.      Teknik Pengolahan
c.       K3 ( Keamanan, Keselamatan, dan Kebersihan)




3
Hasil Produk
a.       Bentuk Fisik
b.      Bahan
c.       Warna
d.      Pewangi
e.       ……..




Total Skor





Ø  Aspek yang dinilai disesuaikan dengan jenis produk yang dibuat
Ø  Skor diberikan tergantung dari ketepatan dan kelengkapan jawaban yang diberikan. Semakin lengkap dan tepat jawaban, semakin tinggi perolehan skor.

LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN
PENILAIAN PORTOFOLIO
Tugas
·         .......................................................................................................................................
·         .......................................................................................................................................
·         .......................................................................................................................................
·         .......................................................................................................................................

Rubrik Penilaian
Nama siswa         :    ………………….
Kelas                   :    ………………….
No
Kategori
Skor
Alasan
1
1. Apakah portofolio lengkap dan sesuai dengan rencana?


2
2. Apakah lembar isian dan lembar kuesioner yang dibuat sesuai?


3
3. Apakah terdapat uraian tentang prosedur pengukuran/pengamatan yang dilakukan?


4
Apakah isian hasil pengukuran/pengamatan dilakukan secara benar?


5.
Apakah data dan fakta yang disajikan akurat?


6.
Apakah interpretasi dan kesimpulan yang dibuat logis?


7.
Apakah tulisan dan diagram disajikan secara menarik?


8.
Apakah bahasa yang digunakan untuk menginterpretasikan lugas, sederhana, runtut dan sesuai dengan kaidah EYD?


Jumlah


Kriteria:                        5 = sangatbaik,                         4 = baik,                      3 = cukup,                                                          2 = kurang, dan                        1 = sangat kurang



Penilaian Keterampilan – Produk
Mata Pelajaran     :  ……………                                             Nama Peserta Didik  :    ……………
Nama Produk       :  ……………                                             Kelas                      : ……………
Alokasi Waktu     :  ……………                                            

No
Aspek
Skor
(1 – 5)
1
Tahap Perencanaan Bahan

2
Tahap Proses Pembuatan :
a. Persiapan alat dan bahan
b. Teknik Pengolahan
c. K3 (Keselamatan kerja, keamanan dan kebersihan)

3
Tahap Akhir (Hasil Produk)
a. Bentuk fisik
b. Inovasi

Total Skor





Penilaian Keterampilan - Portofolio
Mata Pelajaran     : …………………………..
Kelas/Semester     : …………………………..
Peminatan            : …………………………..
Tahun Ajaran       : 2015/2016
Judul portofolio   : Pelaporan merancang /perakitan alat praktikum dan Penyusunan laporan praktikum
Tujuan                 : Peserta didik dapat merancang/merakit alat dan menyusun laporan praktikum bidang studi sebagai tulisan ilmiah
Ruang lingkup      :
Karya portofolio yang dikumpulkan adalah laporan seluruh hasil rancangan/rakitan alat dan laporan praktikum bidang studi semester 1

Uraian tugas portofolio
1. Buatlah laporan kegiatan merancang/merakit alat, laporan praktikum bidang studi sebagai tulisan ilmiah
2. Setiap laporan dikumpulkan selambat-lambatnya seminggu setelah peserta didik melaksanakan tugas

Penilaian Portofolio Penyusunan Laporan Perancangan Percobaan dan Laporan Praktik
Mata Pelajaran                    :  …………………
Alokasi Waktu                   :
Sampel yang dikumpulkan   :  Laporan
Nama Peserta didik            :  …………………
Kelas                                  :  …………………

No
Indikator
Periode
Aspek yang dinilai
Catatan / Nilai
Kebenaran Konsep
Kelengkapan gagasan
Sistematika
Tata Bahasa
1
….
….





2
Menyusun laporan perancangan percobaan






3
Menyusun laporan praktikum






4
….
….








Rubrik Penilaian portofolio Laporan Praktikum
No
Komponen
Skor
1
Kebenaran Konsep
Skor 25 jika seluruh konsep bidang studi pada laporan benar
Skor 15 jika sebagian konsep bidang studi pada laporan benar
Skor 5 jika semua konsep bidang studi pada laporan salah
2
Kelengkapan gagasan
Skor 25 jika kelengkapan gagasan sesuai konsep
Skor 15 jika kelengkapan gagasan kurang sesuai konsep
Skor 5 jika kelengkapan gagasan tidak sesuai konsep
3
Sistematika
Skor 25 jika sistematika laporan sesuai aturan yang disepakati
Skor 15 jika sistematika laporan kuang sesuai aturan yang disepakati
Skor 5 jika sistematika laporan tidak sesuai aturan yang disepakati
4
Tatabahasa
Skor 25 jika tatabahasa laporan sesuai aturan
Skor 15 jika tatabahasa laporan kuang sesuai aturan
Skor 5 jika tatabahasa laporan tidak sesuai aturan
Keterangan:
Skor maksimal = jumlah komponen yang dinilai x 25 = 4 x 25 = 100
Nilai portofolio = 𝑁𝑖𝑙𝑎𝑖=  x 4





Penilaian Keterampilan – Tertulis (menulis karangan, menulis laporan dan menulis surat.)
Penilaian Keterampilan – Tertulis (menulis karangan, menulis laporan dan menulis surat.)

JUDUL

………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisi Kisi Soal UH Bab 5 Puisi Rakyat, Kamis 23 Januari 2020

KAIDAH KEBAHASAAN SURAT DINAS DAN SURAT PRIBADI KELAS 7 (MATERI DAN TUGAS) Senin, 30 Maret 2020

JENIS-JENIS SURAT DINAS KELAS 7 (MATERI DAN TUGAS) Selasa, 31 Maret 2020