Teks Deskripsi Kelas 7 1 Agustus 2019 (Pertemuan 1)
Pertemuan 1 (2 JP)
TEKS DESKRIPSI
4.1 Menentukan isi teks deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain tradisional, dll) yang didengar dan dibaca.
C. IPK
4.1.1 Memetakan isi teks deskripsi (topik dan bagian-bagiannya)
4.1.2 Menjawab pertanyaan isi teks deskripsi
TEKS DESKRIPSI
A.
Kompetensi Inti :
- Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
- Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
- Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
- Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
4.1 Menentukan isi teks deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain tradisional, dll) yang didengar dan dibaca.
C. IPK
4.1.1 Memetakan isi teks deskripsi (topik dan bagian-bagiannya)
4.1.2 Menjawab pertanyaan isi teks deskripsi
D.
Kegiatan Pembelajaran
- Pendahuluan
- Mengucapkan salam, berdoa, mengondisikan kelas ke dalam situasi belajar, mengabsen siswa dan perkenalan.
- Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran ketika di SD dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
- Guru bertanya-jawab tentang bentuk teks deskripsi dalam kehidupan sehari-hari. Pada bagian awal ini siswa disadarkan adanya teks deskripsi dalam komunikasi nyata (pada majalah perjalanan, pada novel, dan ragam komunikasi yang lain).Ini bertujuan agar siswa lebih menyadari manfaat praktis untuk berkontribusi dalam masyarakat. Dalam kehidupan sehari-hari, berbagai jenis teks digunakan secara bersamaan atau sendiri-sendiri. Setiap jenis teks memiliki fungsi yang saling berkaitan.
- Dibuka dengan contoh teks deskripsi yang berupa nyanyian deskripsi (Rayuan Pulau Kelapa).
- Bertanya jawab tentang kata kunci pada lagu dan hubungannya dengan teks deskripsi.
- Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.
- Membangun konteks untuk menumbuhkan sikap yang telah dirancang pada KD 2
- Mengamati judul teks
- Menanya apa saja isi teks dan bagaimana cara memahami
- Menggali informasi
- Membaca beberapa teks deskripsi
- Menalar
o
Mendiskusikan
isi teks
o
Memetakan
isi teks
o
Membandingkan
isi beberapa teks
o
Menyimpulkan
cara memahami isi teks
- Mengomunikasikan
o Menyajikan hasil pemahaman isi teks
dan cara memahami isi teks
3.
Penutup
- Siswa bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yang telah dipelajari.
- Siswa bersama guru melakukan indentifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksnakan.
- Siswa menerima umpan balik tentang proses pembelajaran.
- Mewajibkan siswa untuk membaca buku yang berkaitan dengan objek-objek di Nusantara baik mengenai wisata, kuliner, situs sejarah, museum, taman asional, dan lain-lain. Hasil bacaan siswa dituangkan pada jurnal harian berikut. Sikap yang ditekankan adalah minat baca yang tinggi, rasa tanggung jawab, dan kejujuran dalam melakukan tugas.
- Siswa menerima penyampaian tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.
E.
Penilaian, Pembelajaran Remedial, dan Pengayaan
- Penilaian Pengetahuan
Teknik
: Tes
tulis
Bentuk
: Uraian
Indikator Soal :
Disajikan teks deskripsi Ayah, Panutanku
Soal
Jawablah Pertanyaan berikut!
Jelaskan pengertian teks
deskripsi.
Perhatikan Teks berikut
untuk menjawab soal nomor 2 sampai dengan 10
Ayah, Panutanku
Ayahku bernama Abu Salman. Ayah
berpostur sedang, berumur sekitar 54 tahun. Rambutnya putih beruban. Di dagunya
terdapat bekas cukur jenggot putih di dagunya. Kulit ayahku kuning langsat.
Wajah ayah tipikal Batak dengan rahang yang kuat dan hidung mancung tapi agak
besar. Matanya hitam tajam dengan alis tebal. Sepintas ayahku seperti orang
India.
Meskipun kelihatannya mengerikan,
ayahku orang yang sabar. Wajahnya teduh dan selalu tersenyum menghadapi masalah
apa pun. Ya, ayahku adalah orang yang paling sabar yang pernah aku kenal. Tidak
pernah terlihat marah-marah atau membentak. Beliau selalu menunjukkan
perasaanya lewat gerakan bermakna di wajahnya. Jika melihat anaknya membandel,
ayah hanya menggeleng sambil berkata lirih untuk membujuknya.
2.
Berdasarkan teks di atas apa tujuan teks tersebut.
3.
Apa ciri objek yang dideskripsikan pada paragraf pertama teks di atas.
4.
Apa ciri isi teks di atas.
5.
Sebut pendapat subjektif tentang
objek pada teks di atas.
6.
Sebutkan kata khusus yang terdapat pada teks di atas.
7.
Sebutkan kalimat yang berisi seolah melihat pada teks di atas.
8.
Tentukan kalimat yang mengandung majas pada teks di atas.
9.
Sebutkan kalimat-kalimat yang berisi penjelasan rincian pada teks di
atas.
10. Tentukan kalimat yang berisi kata dengan emosi
kuat pada teks di atas.
2.
Penilaian Keterampilan
Teknik
: Produk
Instrumen
Tugas
- Memetakan pengembangan isi
Rubrik
penilaian dan penskoran: terlampir
3.
Pembelajaran Remedial
Aktivitas kegiatan pembelajaran remedial dapat berupa:
pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, belajar kelompok atau tutor sebaya
dengan merumuskan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik
peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
4.
PembelajaranPengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai
dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media
pembelajaran.
F.
Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
Media/alat : buku
Bahan
: teks deskripsi
Sumber
Belajar
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Halaman 1 s.d 12.
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Halaman 33 s.d 39.
- http://kecilnyaaku.com Kategori: Jenis Teks, Kotak Info dan Tugas
Lampiran Materi
Ciri
Tujuan
Tujuan
teks deskripsi menggambarkan objek dengan cara memerinci objek secara subjektif
atau melukiskan kondisi objek dari sudut pandang penulis Teks deskripsi bertujuan menggambarkan/ melukiskan secara
rinci dan penggambaran sekonkret mungkin suatu objek/ suasana/ perasaan
sehingga pembaca seakan-akan melihat, mendengar, mengalami apa yang
dideskripsikan.
Ciri
Objek yang dideskripsikan
•
Objek
yang dibicarakan pada teks deskripsi bersifat
khusus (objek tertentu yang kemungkinan berbeda dengan objek lain). Objek yang dideskripsikan bersifat pendapat personal.
Ciri ini tergambar pada judul berisi objek pada konteks tertentu (Si Bagas
Kucingku, Ibuku Kebanggaanku). Hal yang dibicarakan khusus kucing bernama Bagas
yang kemungkinan memiliki sifat berbeda dengan kucing-kucing yang lain.
Demikian juga Ibu yang dideskripsikan memiliki tanggapan khusus sesuai dengan
pendapat penulis tentang ibu yang bisa jadi berbeda dengan ibu pada umumnya)
Ciri
Isi •
Isi
teks deskripsi diperinci menjadi
perincian bagian-bagian objek •
Isi
teks deskripsi menggambarkan secara konkret (menggambarkan wisata yang indah
akan dikonkretkan indahnya seperti apa, menggambarkan ibu yang baik akan
dikonkretkan baiknya seperti apa). Dengan demikian, teks deskripsi banyak
menggunakan kata khusus (warna dikhususkan pada kata hijau, biru toska, oranye)
Isi
teks deskripsi bersifat personal dengan kandungan emosi sehingga menggunakan
kata-kata dengan emosi kuat (ombak menggempur, kemolekan pantai, ibuku yang
tangguh)
Jenis teks deskripsi
Ditinjau
dari bentuknya teks deskripsi dibedakan menjadi dua kategori yaitu teks
deskripsi berdiri sendiri sebagai teks dan teks deskripsi yang menjadi bagian
teks lain (cerpen, novel, lagu, iklan, dll).
Ciri
Teks Deskripsi dari segi Penggunaan Bahasa
·
Menggunakan
kata-kata khusus untuk mengkonkretkan (
warna dirinci merah, kuning, hijau) Menggunakan
kalimat rincian untuk mengongkretkan (Ibuku orang yang sangat baik. Dia
berusaha menolong semua orang. Dia ramah dan tutur katanya lembut kepada siapa
saja.
·
Menggunakan
kata sinonim dengan emosi kuat
(indah diungkapkan dengan sinonim yang
lebih memiliki emosi kuat yaitu elok, permai, molek, mengagumkan, memukau,
menakjubkan)
·
Menggunakan majas untuk melukiskan secara konkret (pasir
pantai lembut seperti bedak bayi,
hamparan laut biru toska seperti permadani indah yang terbentang luas, angin
pantai dengan lembut mengelus wajah kita)
·
Menggunakan kalimat rincian (Terumbu karang
berwarna-warni. Ada terumbu karang oranye, abu-abu, hijau
muda)
·
Menggunakan
bahasa sehingga pembaca seolah-olah melihat, mendengar, dan merasakan apa yang
dideskripsikan
·
Teks
deskripsi yang memunculkan kata ganti
orang (Kucingku, Ibuku, memasuki wisata
ini Anda akan disambut)
LEMBAR
PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
PENILAIAN OBSERVASI
Rubrik:
Indikator sikap aktif
dalam pembelajaran:
1. Kurang
baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran
2. Cukup
jika menunjukkan ada sedikit usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten
3. Baik
jika menunjukkan sudah ada usaha
ambil bagian dalam pembelajaran tetapi
belum ajeg/konsisten
4. Sangat
baik jika menunjukkan sudah ambil bagian
dalam menyelesaikan tugas kelompok
secara terus menerus dan ajeg/konsisten
Indikator sikap
bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
1. Kurang
baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan
kelompok.
2. Cukup jika
menunjukkan ada sedikit usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi
masih belum ajeg/konsisten.
3. Baik
jika menunjukkan sudah ada usaha
untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
4. Sangat
baik jika menunjukkan adanya
usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan
ajeg/konsisten.
Indikator
sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
1. Kurang
baik jika sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan
masalah yang berbeda dan kreatif.
2. Cukup jika menunjukkan ada sedikit usaha untuk bersikap toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum
ajeg/konsisten
3. Baik
jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses
pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten.
4. Sangat
baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses
pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan
ajeg/konsisten.
REKAPITULASI
PENILAIAN SIKAP – OBSERVASI
NO
|
NAMA SISWA
|
SIKAP
|
Skor Rata-rata
|
||||||
Tanggung Jawab
|
Jujur
|
Pedul
|
Kerja Sama
|
Santun
|
Percaya Diri
|
Disiplin
|
|||
1
|
|||||||||
2
|
Lembar
Penilaian Sikap - Observasi pada Kegiatan Praktikum
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mata Pelajaran :
…………..
Kelas/Semester :
…………..
Topik/Subtopik :
…………..
Indikator :
Peserta didik menunjukkan perilaku
ilmiah disiplin, tanggung jawab, jujur, teliti dalam melakukan percobaan
……………………………………..
Kolom Aspek perilaku diisi dengan angka yang sesuai
dengan kriteria berikut.
4 = sangat baik
3 = baik
2 = cukup
1 = kurang
|
Lembar Penilaian Sikap -
Observasi pada Kegiatan Diskusi
|
||||||||||||||||||||||||||||
Mata Pelajaran :
…………..
Kelas/Semester :
…………..
Topik/Subtopik :
…………..
Indikator :
Peserta didik menunjukkan perilaku
kerja sama, santun, toleran, responsif dan proaktif serta bijaksana sebagai
wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
Kolom Aspek perilaku diisi dengan angka yang sesuai
dengan kriteria berikut.
4 = sangat baik
3 = baik
2 = cukup
1 = kurang
|
LEMBAR PENILAIAN
SIKAP – DIRI
PENILAIAN DIRI
|
|||||||||||
|
|||||||||||
Untuk
pertanyaan 1 sampai dengan 6,tulismasing-masing
huruf sesuai dengan pendapatmu!
|
|||||||||||
A = Selalu B = Sering C = Jarang D = Tidak pernah
|
|||||||||||
1
|
Saya
memiliki motivasi dalam diri saya sendiri selama proses pembelajaran
|
||||||||||
2
|
Saya bekerjasama dalam menyelesaikan tugas kelompok
|
||||||||||
3
|
Saya menunjukkan sikap konsisten dalam proses
pembelajaran
|
||||||||||
4
|
Saya menunjukkan sikap disiplin dalam menyelesaikan
tugas individu maupun kelompok
|
||||||||||
5
|
Saya menunjukkan rasa percaya diri dalam mengemukakan
gagasan, bertanya, atau menyajikan hasil diskusi
|
||||||||||
6
|
Saya menunjukkan sikap toleransi dan saling menghargai
terhadap perbedaan pendapat/cara dalam menyelesaikan masalah
|
||||||||||
7
|
Saya menunjukan sikap positip (individu dan social)
dalam diskusi kelompok
|
||||||||||
8
|
Saya menunjukkan sikap ilmiah pada saat melaksanakan
studi literatur atau pencarian informasi
|
||||||||||
9
|
Saya menunjukkan perilaku dan sikap menerima,
menghargai, dan melaksanakan kejujuran, kerja keras, disiplin dan tanggung
jawab
|
||||||||||
7
.
|
Selama kegiatan pembelajaran,
tugas apa yang kamu lakukan?
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
|
Pedoman Penskoran: Skor
4, jika A = Selalu
Skor
3, jika B = Sering
Skor
2, jika C = Jarang
Skor
1, jika D = Tidak pernah
Skor
Perolehan =
Penilaian Sikap - Diri
setelah peserta didik selesai
belajar satu KD
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Topik : …………………. Nama
: …………………
Kelas : …………………
Setelah
mempelajari materi ……………………., Anda dapat melakukan penilaian diri dengan cara
memberikan tanda V pada kolom yang tersedia sesuai dengan kemampuan
REKAPITULASI PENILAIAN DIRI
PESERTA DIDIK
Mata Pelajaran : ...........................................
Topik/Materi : ...........................................
Kelas : ...........................................
Nilai peserta didik dapat menggunakan rumus:
𝑁𝑖𝑙𝑎𝑖= x100
|
Penilaian
Sikap - Diri
setelah
melaksanakan suatu tugas
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Topik : …………………. Nama
: …………………
Kelas : …………………
Bacalah baik-baik setiap pernyataan dan berilah tanda V
pada kolom yang sesuai dengan keadaan dirimu yang sebenarnya.
skor :YA=2, Tidak =1
REKAPITULASI PENILAIAN DIRI
PESERTA DIDIK
Mata
Pelajaran : ...........................................
Topik/Materi : ...........................................
Kelas : ...........................................
Nilai peserta
didik dapat menggunakan rumus:
𝑁𝑖𝑙𝑎𝑖= x100
|
Penilaian
Sikap - Antar Peserta Didik
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mata Pelajaran :
…………..
Kelas/Semester :
…………..
Topik/Subtopik :
…………..
Indikator :
Peserta didik menunjukkan perilaku
kerja sama, santun, toleran, responsif dan proaktif serta bijaksana sebagai
wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
|
LEMBAR PENILAIAN SIKAP - TEMAN SEBAYA
Instrumen
Kategori: 86 – 100 : Sangat Baik 71
– 85 : Baik
55 – 70 : Cukup < 55 : Kurang
LEMBAR PENILAIAN SIKAP - JURNAL
Nama
Siswa : ………………..
Kelas : ………………
No.
|
Hari/Tanggal
|
Sikap/Perilaku
|
Keterangan
|
|
Positif
|
Negatif
|
|||
Kesimpulan :
……………………………………………………………………………………………………………
Penilaian Sikap - Jurnal
|
||||||||||||
Nama Peserta Didik :
…………...........................................……..
Kelas :
…………...........................................……..
Aspek yang diamati :
…………...........................................……..
Nilai jurnal menggunakan skala Sangat Baik (SB), Baik
(B), Cukup (C), dan Kurang (K)
|
LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN TERTULIS
(Bentuk Uraian)
Soal
Tes Uraian
1.
.
2.
.
3.
.
4.
.
5.
.
Kunci Jawaban Soal Uraian dan Pedoman Penskoran
Alternatif
jawaban
|
Penyelesaian
|
Skor
|
1
|
2
|
|
2
|
2
|
|
3
|
2
|
|
4
|
2
|
|
5
|
2
|
|
Jumlah
|
10
|
Nilai =
Penilaian
Pengetahuan - Tes Tulis Uraian
|
||||||||||||
Topik
: ………………….
Indikator : …………………..
Soal : ………………….
a.
………………….
b.
………………….
Jawaban
:
a.
…………………
Pedoman
Penskoran
|
LEMBAR
PENILAIAN PENGETAHUAN -TERTULIS
(Pilihan Ganda)
Pilih
Satu Jawaban yang paling tepat !
1.
a.
b.
c.
d.
e.
dst.
Kunci Jawaban Piliahan Ganda dan Pedoman Penskoran
Alternatif Jawaban
|
Penyelesaian
|
Skor
|
1
|
1
|
|
2
|
1
|
|
3
|
1
|
|
4
|
1
|
|
....
|
1
|
|
20
|
1
|
|
Jumlah
|
20
|
Nilai =
Penilaian
Pengetahuan - Tes Tulis Pilihan Ganda
|
Topik
: ………………….
Indikator : …………………..
Soal : ………………….
Jawaban
:
a.
…………………
b.
…………………
c.
…………………
d.
…………………
e.
…………………
|
LEMBAR
PENILAIAN PENGETAHUAN
Observasi terhadap Diskusi Tanya Jawab dan Percakapan
KELAS : . ……………..
No
|
Nama
Peserta Didik
|
Pernyataan
|
|||||||
Pengungkapan
gagasan yang
orisinil
|
Kebenaran Konsep
|
Ketepatan penggunaan istilah
|
Dan lain sebaginya
|
||||||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
|||||||||
2
|
|||||||||
3
|
Penilaian pengetahuan -
Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
LEMBAR
PENILAIAN PENGETAHUAN
PENILAIAN
PENUGASAN
Penilaian
Pengetahuan - Penugasan
|
Mengidentifikasi
…………………….
Tugas
: Menyusun
laporan hasil percobaan tentang cara kerja …………………….secara tertulis dengan
berbagai media.
Indikator
: membuat
laporan hasil percobaan cara kerja …………………….
Langkah
Tugas :
1.
Lakukan
observasi ke pasar atau tempat lainnya untuk mendapatkan informasi mengenai
…………………….
2.
Datalah yang kamu dapatkan dalam bentuk tabel yang
berisi ……………………., ……………………..
3.
Diskusikan hasil observasi yang kamu lakukan beersama
teman-temanmu untuk menjawab pertanyaan berikut:
a.
Jenis
…………………….apa yang paling banyak kamu temukan dipasaran?
b.
Bagaimana
yang terjadi?
c.
Keuntungan
apa yang diperoleh dalam kehidupan?
4.
Tuliskan hasil kegiatannmu dalam bentuk laporan dan
dikumpulkan serta dipresentasikan pada kegiatan pembelajaran berikutnya
|
Rubrik
Penilaian
No.
|
Kriteria
|
Kelompok
|
||||||||
9
|
8
|
7
|
6
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kesesuaian dengan konsep dan prinsip bidang
studi
|
|||||||||
2
|
Ketepatan memilih bahan
|
|||||||||
3
|
Kreativitas
|
|||||||||
4
|
Ketepatan waktu pengumpulan
tugas
|
|||||||||
5
|
Kerapihan hasil
|
|||||||||
Jumlah skor
|
Keterangan: 4 =
sangat baik, 3 = baik, 2 = cukup baik, 1 = kurang baik
NilaiPerolehan
=
LEMBAR
PENILAIAN KETERAMPILAN - UNJUK KERJA
Pekerjaan
:
·
.......................................................................................................................................
·
.......................................................................................................................................
·
.......................................................................................................................................
·
.......................................................................................................................................
Tabel : Rubrik Penilaian Unjuk
Kerja
Tingkat
|
Kriteria
|
4
|
Jawaban menunjukkan penerapan
konsep mendasar yang berhubungan dengan tugas ini. Ciri-ciri:
Semua jawaban benar, sesuai
dengan prosedur operasi dan penerapan konsep yang berhubungan dengan
tugas ini
|
3
|
Jawaban menunjukkan penerapan
konsep mendasar yang berhubungan dengan tugas ini. Ciri-ciri:
Semua jawaban benar tetapi
ada cara yang tidak sesuai atau ada satu jawaban salah. Sedikit kesalahan perhitungan dapat diterima
|
2
|
Jawaban menunjukkan
keterbatasan atau kurang memahami masalah yang berhubungan dengan tugas ini.
Ciri-ciri:
Ada jawaban yang benar dan
sesuai dengan prosedur, dan ada jawaban tidak sesuai dengan permasalahan yang
ditanyakan.
|
1
|
Jawaban hanya menunjukkan
sedikit atau sama sekali tidak ada pengetahuan bahasa
Inggris yang berhubungan dengan masalah ini.
Ciri-ciri:
Semua jawaban salah, atau
Jawaban benar tetapi tidak
diperoleh melalui prosedur yang benar.
|
0
|
Tidak ada jawaban atau lembar
kerja kosong
|
LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN- UNJUK KERJA
KELAS : . …………..
No
|
Nama
Siswa
|
Tingkat
|
Nilai
|
Ket.
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||||
1.
|
|||||||
2.
|
|||||||
3.
|
Lembar Pengamatan
Penilaian Keterampilan - Unjuk
Kerja/Kinerja/Praktik
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Topik : ………………………..
KI : ………………………..
KD : ………………………..
Indikator : ………………………..
|
LEMBAR
PENILAIAN KETERAMPILAN - PROYEK
Proyek
:
·
.......................................................................................................................................
·
.......................................................................................................................................
·
.......................................................................................................................................
·
.......................................................................................................................................
Orientasi Masalah:
Bentuklah
tim kelompokmu, kemudian pergilah ke ……………… yang ada di ……………..mu. Ambil alat
…………….. yang digunakan untuk ……………….. terhadap ……………. ……………… antara ……………
terhadap ………….yang berada di ………….., lakukan berulang-ulang sehingga kamu
menemukan …………….yang ……………… antara ……………. dengan …………… tersebut!
Langkah-langkah
Pengerjaan:
1.
Kerjakan tugas ini secara kelompok. Anggota tiap kelompok
paling banyak 4 orang.
2.
Selesaikan
masalah terkait ……………
3.
Cari
data …………… dengan ……………….. tersebut
4.
Bandingkan
untuk mencari ………….. umum jumlah ……………………..pertahun
5.
Lakukan
prediksi …………….. dengan ……………… tersebut
6.
Hasil
pemecahan masalah dibuat dalam laporan
tertulis tentang kegiatan yang dilakukan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan
pemecahan masalah, dan pelaporan hasil pemecahan masalah
7.
Laporan
bagian perencanaan meliputi: (a) tujuan kegiatan, (b) persiapatrategi untuk
pemecahan masalah
8.
Laporan
bagian pelaksanaan meliputi: (a) pengumpulan data, (b) proses pemecahan
masalah, dan (c) penyajian data hasil
9.
Laporan
bagian pelaporan hasil meliputi: (a) kesimpulan akhir, (b) pengembangan hasil
pada masalah lain (jika memungkinkan)
10.
Laporan
dikumpulkan paling lambat …………… minggu setelah tugas ini diberikan
Rubrik Penilaian Proyek:
Kriteria
|
Skor
|
· Jawaban
benar sesuai dengan kerangka berpikir ilmiah
· Laporan
memuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan
· Bagian
perencanaan memuat tujuan kegiatan yang jelas dan persiapatrategi pemecahan
masalah yang benar dan tepat
· Bagian
pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang baik, pemecahan masalah yang
masuk akal (nalar) dan penyajian data berbasis bukti
· Bagian
pelaporan memuat kesimpulan akhir yang sesuai dengan data, terdapat
pengembangan hasil pada masalah lain
· Kerjasama kelompok sangat baik
|
4
|
· Jawaban
benar sesuai dengan kerangka berpikir ilmiah
· Laporan
memuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan
· Bagian
perencanaan memuat tujuan kegiatan yang jelas dan persiapatrategi pemecahan
masalah yang benar dan tepat
· Bagian
pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang baik, pemecahan masalah yang
masuk akal (nalar) dan penyajian data berbasis bukti
· Bagian
pelaporan memuat kesimpulan akhir yang sesuai dengan data, tidak terdapat
pengembangan hasil pada masalah lain
· Kerjasama kelompok sangat baik
|
3
|
· Jawaban
benar tetapi kurang sesuai dengan kerangka berpikir ilmiah
· Laporan
memuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan
· Bagian
perencanaan memuat tujuan kegiatan yang kurang jelas dan persiapatrategi
pemecahan masalah yang kurang benar dan tepat
· Bagian
pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang kurang baik, pemecahan
masalah yang kurang masuk akal (nalar) dan penyajian data kurang berbasis
bukti
· Bagian
pelaporan memuat kesimpulan akhir yang kurang sesuai dengan data, tidak
terdapat pengembangan hasil pada masalah lain
· Kerjasama kelompok baik
|
2
|
· Jawaban tidak benar
· Laporan
memuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan
· Bagian
perencanaan memuat tujuan kegiatan yang tidak jelas dan persiapatrategi
pemecahan masalah yang kurang benar dan tepat
· Bagian
pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang kurang baik, pemecahan
masalah yang kurang masuk akal (nalar) dan penyajian data tidak berbasis
bukti
· Bagian
pelaporan memuat kesimpulan akhir yang tidak sesuai dengan data, tidak
terdapat pengembangan hasil pada masalah lain
· Kerjasama kelompok kurang baik
|
1
|
Tidak melakukan tugas proyek
|
0
|
Penilaian
Keterampilan – Proyek
|
|||||||||||||||
Mata Pelajaran : …………… Guru
Pembimbing : ……………
Nama Proyek : …………… Nama : ……………
Alokasi Waktu : …………… Kelas : ……………
|
LEMBAR
PENILAIAN KETERAMPILAN
PENILAIAN
PRODUK
Nama Produk : ………………………………..
Nama Peserta Didik : ………………………………..
No
|
Aspek
|
Skor
|
|||
1
|
Perencanaan
Bahan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
2
|
Proses
Pembuatan
a.
Persiapan
Alat dan Bahan
b.
Teknik
Pengolahan
c. K3
( Keamanan, Keselamatan, dan Kebersihan)
|
||||
3
|
Hasil
Produk
a.
Bentuk
Fisik
b.
Bahan
c.
Warna
d.
Pewangi
e.
……..
|
||||
Total Skor
|
Ø Aspek yang dinilai disesuaikan
dengan jenis produk yang dibuat
Ø Skor diberikan tergantung dari
ketepatan dan kelengkapan jawaban yang diberikan. Semakin lengkap dan tepat
jawaban, semakin tinggi perolehan skor.
LEMBAR
PENILAIAN KETERAMPILAN
PENILAIAN
PORTOFOLIO
Tugas
·
.......................................................................................................................................
·
.......................................................................................................................................
·
.......................................................................................................................................
·
.......................................................................................................................................
Rubrik
Penilaian
Nama siswa : ………………….
Kelas : ………………….
No
|
Kategori
|
Skor
|
Alasan
|
1
|
1. Apakah portofolio lengkap dan sesuai dengan rencana?
|
||
2
|
2. Apakah lembar isian dan lembar kuesioner yang dibuat
sesuai?
|
||
3
|
3. Apakah terdapat uraian tentang prosedur
pengukuran/pengamatan yang dilakukan?
|
||
4
|
Apakah isian hasil pengukuran/pengamatan dilakukan
secara benar?
|
||
5.
|
Apakah data dan fakta yang disajikan akurat?
|
||
6.
|
Apakah interpretasi dan kesimpulan yang dibuat logis?
|
||
7.
|
Apakah tulisan dan diagram disajikan secara menarik?
|
||
8.
|
Apakah bahasa yang digunakan untuk menginterpretasikan
lugas, sederhana, runtut dan sesuai dengan kaidah EYD?
|
||
Jumlah
|
Kriteria: 5 = sangatbaik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang, dan 1 = sangat kurang
Penilaian
Keterampilan – Produk
|
|||||||||||||||
Mata Pelajaran : …………… Nama
Peserta Didik : ……………
Nama Produk : …………… Kelas : ……………
Alokasi Waktu : ……………
|
Penilaian
Keterampilan - Portofolio
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mata Pelajaran : …………………………..
Kelas/Semester : …………………………..
Peminatan : …………………………..
Tahun Ajaran : 2015/2016
Judul portofolio : Pelaporan
merancang /perakitan alat praktikum dan Penyusunan laporan praktikum
Tujuan : Peserta didik dapat merancang/merakit alat dan menyusun laporan
praktikum bidang studi sebagai tulisan ilmiah
Ruang
lingkup :
Karya
portofolio yang dikumpulkan adalah laporan seluruh hasil rancangan/rakitan
alat dan laporan praktikum bidang studi semester 1
Uraian
tugas portofolio
1. Buatlah laporan kegiatan merancang/merakit alat, laporan praktikum
bidang studi sebagai tulisan ilmiah
2. Setiap laporan dikumpulkan selambat-lambatnya seminggu setelah
peserta didik melaksanakan tugas
|
Penilaian Keterampilan – Tertulis (menulis karangan,
menulis laporan dan menulis surat.)
Penilaian
Keterampilan – Tertulis (menulis karangan, menulis laporan dan menulis
surat.)
|
JUDUL
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
|
Komentar
Posting Komentar