Menceritakan Kembali Teks Cerita Fantasi Kelas 7, Kamis 29 Agustus 2019 (pertemuan 4)

4.3  Menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi)yang didengar dan dibaca.
4.3.1      Menyimpulkan tokoh dan latar cerita fantasi.
4.3.2      Menyimpulkan urutan cerita fantasi.
Menceritakan kembali cerita fantasi isi cerita fantasi lisan/ tulis.
Keterampilan
1.       Pendahuluan
  • Mengucapkan salam, berdoa, mengondisikan kelas ke dalam situasi belajar dan mengabsen siswa.
  • Guru bertanya-jawab tentang bentuk cerita fantasi dalam kehidupan sehari-hari.Pada bagian awal ini siswa disadarkan adanya cerita fantasi dalam komunikasi nyata (novel, cerpen yang berasal dari fantasi penulis_ Ini bertujuan agar siswa lebih menyadari manfaat praktis dan untuk berkontribusi dalam masyarakat. Dalam kehidupan sehari-hari, berbagai jenis teks digunakan secara bersamaan atau sendiri-sendiri. Setiap jenis teks memiliki fungsi yang saling berkaitan.
  • Dibuka dengan contoh cerita fantasi yang ada baik berupa novel maupun cerpen. Bertanya jawab tentang kata kunci pada novel/ cerpen sehingga disebut cerita fantasi
  • Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yang kan dicapai.
  • Membangun konteks untuk menumbuhkan sikap yang telah dirancang pada KD 2.
Inti:
  • Membaca/ mendengarkan beragam contoh judul cerita fantasi.
  • Membuat pertanyaan untuk menebak isi cerita.
  • Menggali informasi.
  • Meringkas urutan peristiwa dalam cerita.
  • Mengomunikasikan.
  • Menceritakan secara berantai.
  • Saling menilai hasil penceritaan.
Penutup
  • Siswa bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yang telah dipelajari.
  • Siswa bersama guru melakukan indentifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksnakan.
  • Siswa menerima umpan balik tentang proses pembelajaran.
  • Mewajibkan siswa siswa untuk membaca buku fiksi (cerita fantasi) minimal satu buah. Hasil bacaannya dituangkan pada jurnal harian membaca.
  • Siswa menerima penyampaian tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.
·  Bahan :  Cerita fantasi.
·  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 18 s.d 35.
·  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 39 s.d 42.

Penilaian Keterampilan
Menceritakan Kembali secara Berantai Isi Teks!
Berkelompoklah dan ceritakan isi cerita fantasi dengan bahasamu sendiri.
Dalam kegiatan ini kamu akan menceritakan kembali isi cerita fantasi secara berantai.
Berdasarkan ringkasan urutan peristiwa cerita fantasi di atas, lakukanlah hal-hal berikut!
  1. Membentuk kelompok yang terdiri atas 5 atau 6 orang satu kelompok!
  2. Tiap kelompok diundi untuk ke depan kelas atau di luar kelas (tiap anggota ditempel kertas bernomor 1-5).
  3. Guru memerintahkan nomor yang disebut untuk memulai menceritakan isi cerita. Guru akan menghentikan dan berpindah pada nomor yang lain untuk melanjutkan isi cerita. Selama satu kelompok tampil, siswa kelompok lain menilai dengan format yang telah ditentukan.

4 JP
Tugas
Ceritakan kembali sebuah cerita fantasi yang kalian dapatkan dari media cetak atau internet! lakukanlah secara berkelompok!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisi Kisi Soal UH Bab 5 Puisi Rakyat, Kamis 23 Januari 2020

KAIDAH KEBAHASAAN SURAT DINAS DAN SURAT PRIBADI KELAS 7 (MATERI DAN TUGAS) Senin, 30 Maret 2020

Kisi-kisi Soal Kelas 7 dan 8 Mid Semester, Kamis. 19 September 2019