4.3 Menceritakan kembali isi teks narasi (cerita
fantasi)yang didengar dan dibaca.
|
4.3.1
Menyimpulkan tokoh dan latar cerita fantasi.
4.3.2
Menyimpulkan urutan cerita fantasi.
Menceritakan kembali cerita
fantasi isi cerita fantasi lisan/ tulis.
|
Keterampilan
1.
Pendahuluan
- Mengucapkan
salam, berdoa, mengondisikan kelas ke dalam situasi belajar dan
mengabsen siswa.
- Guru
bertanya-jawab tentang bentuk cerita fantasi dalam kehidupan
sehari-hari.Pada bagian awal ini siswa disadarkan adanya cerita fantasi
dalam komunikasi nyata (novel, cerpen yang berasal dari fantasi penulis_
Ini bertujuan agar siswa lebih menyadari manfaat praktis dan untuk
berkontribusi dalam masyarakat. Dalam kehidupan sehari-hari, berbagai
jenis teks digunakan secara bersamaan atau sendiri-sendiri. Setiap jenis
teks memiliki fungsi yang saling berkaitan.
- Dibuka
dengan contoh cerita fantasi yang ada baik berupa novel maupun cerpen.
Bertanya jawab tentang kata kunci pada novel/ cerpen sehingga disebut
cerita fantasi
- Mengungkapkan
kompetensi dasar dan indikator yang kan dicapai.
- Membangun
konteks untuk menumbuhkan sikap yang telah dirancang pada KD 2.
Inti:
- Membaca/
mendengarkan beragam contoh judul cerita fantasi.
- Membuat
pertanyaan untuk menebak isi cerita.
- Menggali
informasi.
- Meringkas
urutan peristiwa dalam cerita.
- Mengomunikasikan.
- Menceritakan
secara berantai.
- Saling
menilai hasil penceritaan.
Penutup
- Siswa
bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yang telah
dipelajari.
- Siswa
bersama guru melakukan indentifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan
pembelajaran yang sudah dilaksnakan.
- Siswa
menerima umpan balik tentang proses pembelajaran.
- Mewajibkan
siswa siswa untuk membaca buku fiksi (cerita fantasi) minimal satu buah.
Hasil bacaannya dituangkan pada jurnal harian membaca.
- Siswa
menerima penyampaian tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.
|
· Bahan : Cerita fantasi.
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas
VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 18 s.d 35.
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru Bahasa Indonesia
SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 39 s.d 42.
|
Penilaian Keterampilan
Menceritakan Kembali secara Berantai Isi Teks!
Berkelompoklah dan ceritakan isi cerita fantasi
dengan bahasamu sendiri.
Dalam kegiatan ini kamu akan menceritakan kembali
isi cerita fantasi secara berantai.
Berdasarkan ringkasan urutan peristiwa cerita
fantasi di atas, lakukanlah hal-hal berikut!
- Membentuk kelompok yang
terdiri atas 5 atau 6 orang satu kelompok!
- Tiap
kelompok diundi untuk ke depan kelas atau di luar kelas (tiap anggota ditempel
kertas bernomor 1-5).
- Guru
memerintahkan nomor yang disebut untuk memulai menceritakan isi cerita.
Guru akan menghentikan dan berpindah pada nomor yang lain untuk
melanjutkan isi cerita. Selama satu kelompok tampil, siswa kelompok lain
menilai dengan format yang telah ditentukan.
|
4 JP
|
Tugas
Ceritakan kembali sebuah cerita fantasi yang kalian dapatkan dari media cetak atau internet! lakukanlah secara berkelompok!
Komentar
Posting Komentar