Menulis Teks Deskripsi Individu, Selasa 13 Agustus 2019 (Pertemuan 5)

A. Kompetensi Dasar
4.2 Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi tentang objek (sekolah,tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur dan aspek kebahasaan baik secara lisan dan tulis

B. Indikator Pencapaian Kompetensi
 1.   Menulis teks deskripsi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan

C. Langkah-langkah Pembelajaran

Keterampilan
  1.  Pendahuluan
  • Mengucapkan salam, berdoa, mengondisikan kelas ke dalam situasi belajar, dan mengabsen siswa.
  • Guru bertanya-jawab tentang stuktur dan karakteristik teks deskripsi pada pembelajaran sebelumnya dan mengaitkannya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
  • Dibuka dengan hal-hal yang berkaitan dengan materi yang dapat menggairahkan siswa untuk belajar.
  • Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.
  • Bertanya jawab tentang manfaat pembelaran yang akan dipelajari.
  • Membangun konteks untuk menumbuhkan sikap yang telah dirancang.
2.  Kegiatan Inti

  • Mengamati objek yang akan dijadikan teks deskripsi
  • Mempertanyakan informasi apa yang harus dikumpulkan
  • Menggali informasi
  • Mencari data dari objek yang dipilih
  • Mendata kata kunci dari objek
  • Menalar
  • Merangkai kata-kata kunci menjadi paragraf
  • Merangkai paragraf menjadi teks
  • Mengomunikasikan
  • Memajang hasil
    3.  Penutup
    • Siswa bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yang telah dipelajari.
    • Siswa bersama guru melakukan indentifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksnakan.
    • Siswa menerima umpan balik tentang proses pembelajaran.
    • Mewajibkan siswa untuk membaca buku yang berkaitan dengan objek-objek di Nusantara baik mengenai wisata, kuliner, situs sejarah, museum, taman asional, dan lain-lain. Hasil bacaan siswa dituangkan pada jurnal harian berikut. Sikap yang ditekankan adalah minat baca yang tinggi, rasa tanggung jawab, dan kejujuran dalam melakukan tugas.
    • Siswa menerima penyampaian tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.
    Tugas!
    Buatlah sebuah teks deskripsi secara individu sesuai dengan kaidah dan struktur kebahasaan dalam teks deskripsi!

    D. Instrumen Penilaian


    Nilai Proyek menulis teks deskripsi
    No.
    Uraian
    Skor
    1
    Kesesuaian isi dengan dengan tempat
    1-8
     2
    Ketepatan pilihan kata
    1-7
     3
    Keterpaduan hubunganantar kalimat
    1-8
     4
    Ketepatan menggunakan ejaan
    1-7
     5
    Jumlah skor
    30

    E. Lampiran Materi
    Langkah-langkah Membuat Teks / Paragraf Deskripsi
    1. Menentukan tema (objek yang akan dibahas).
    2. Menentukan tujuan.
    3. Kumpulkan data-data dan lakukan pengamatan langsung mengenai objek yang akan dibahas.
    4. Setelah data-data terkumpul, susunlah data tersebut menjadi kerangka karangan.
    5. Uraikan kerangka karangan menjadi teks deskripsi yang disesuaikan dengan topik.

    Ciri/Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi

    Berikut ini adalah kaidah kebahasaan teks deskripsi:
    1. Menggunakan kata benda sesuai topik yang dideskripsikan. Seperti: sekolah, rumah, guruku, teman saya, dll.
    2. Menggunakan frasa yang mengandung kata benda. Contohnya yaitu beliau adalah seorang kepala sekolah yang rendah hati, dll.
    3. Mengandung kata sifat yang bersifat menggambarkan. Seperti: satu siswa rajin, dua kaos kaki putih, dll.
    4. Mengandung kata kerja Transitifuntuk memberikan informasi subjek. Seperti: siswa itu mengenakan seragam putih biru, dll.
    5. Mengandung kata kerja (perasaan, pendapat) dengan tujuan mengungkapkan pandangan pribadi penulis mengenai subjek. Seperti: saya pikir itu adalah kucing cerdas, saya yakin buku itu murah, dll.
    6. Mengandung kata keterangan untuk memberikan informasi tambahan mengenai objek. Seperti: dengan cepat, di rumah, di kantin, dll.
    7. Mengandung bahasa kiasan berupa perumpamaan atau metafora. Seperti: kulitnya lembut seperti benang sutra, dll.

    Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    Kisi Kisi Soal UH Bab 5 Puisi Rakyat, Kamis 23 Januari 2020

    JENIS-JENIS SURAT DINAS KELAS 7 (MATERI DAN TUGAS) Selasa, 31 Maret 2020

    KAIDAH KEBAHASAAN SURAT DINAS DAN SURAT PRIBADI KELAS 7 (MATERI DAN TUGAS) Senin, 30 Maret 2020