Kisi-kisi Soal Kelas 7 dan 8 Mid Semester, Kamis. 19 September 2019
Membahas Kisi-Kisi Soal
Kelas 7
KISI-KISI
PENULISAN SOAL
ULANGAN SEMESTER GANJIL
TAHUN
PELAJARAN 2019-2020
Mata
Pelajaran
|
:
Bahasa Indonesia
|
Kelas/Semester
|
: 8/ Ganjil
|
Jenjang
Pendidikan
|
:
SMP Al Azhar 1 Bandarlampung
|
Jumlah
Soal
|
: 35
|
Tahun pelajaran
|
: 2019/2020
|
Bentuk Soal Penyusun
|
: Pilihan Ganda, Isian, dan Uraian
:
Siti Nurohita
|
A.
Pilihan
Ganda
No
|
Bab
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
Soal
|
No
Soal
|
1.
|
Teks Berita
|
3.1 Mengidentifikasi
unsur-unsur teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar
dan dibaca.
4.1 Menyimpulkan isi dari berita (membanggakan
dan memotivasi) yang dibaca dan didengar.
3.2 Menelaah struktur dan kebahasaan teks
berita (membanggakan dan memotivasi)
yang didengar dan dibaca berita
4.2 Menyajikan data, informasi dalam bentuk berita secara lisan dan tulis dengan memperhatikan
struktur, kebahasaan, atau aspek lisan (lafal, intonasi, mimik,
kinesik).
|
·
Unsur unsur berita
·
Struktur teks berita
·
Kaidah kebahasaan dalam teks berita
-
Kata kerja mental
-
Konjungsi temporal
-
Kalimat langsung
-
Afiksasi
|
1.
Disajikan sebuah teks berita, siswa mampu menunjukkan
pernyataan yang tepat sesuai dengan teks yang disajikan.
|
1
|
2.
Disajikan sebuah teks berita, siswa dapat menunjukkan
unsur-unsur teks berita.
|
2
|
||||
3. Siswa dapat menunjukkan struktur teks berita dengan
tepat.
|
3
|
||||
4.
Siswa dapat menunjukkan karakteristik teks berita
dengan tepat.
|
4
|
||||
5.
Siswa dapat menunjukkan salah satu contoh kata
konjungsi temporal dengan tepat.
|
5
|
||||
6.
Siswa mampu menunjukkan penyampaian berita dengan
tepat.
|
6
|
||||
7.
Disajikan dua teks berita, siswa mampu menunjukkan
kesamaan kedua teks berita dengan tepat.
|
7
|
||||
8.
Siswa mampu menunjukkan salah satu fungsi penggunaan
judul teks berita dengan tepat.
|
8
|
||||
9. Disajikan
sebuah langkah menulis teks berita secara acak, siswa mampu mengurutkan
langkah menulis teks berita dengan tepat.
|
9
|
||||
10. Siswa
mampu menunjukkan tahap-tahap penyuntingan teks iklan
|
10
|
||||
2
|
Teks
Iklan, Slogan, dan Poster
|
3.3 Mengidentifikasi informasi teks iklan, slogan, atau poster (yang
membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.
4.3 Menyimpulkan isi iklan,
slogan atau poster ( membanggakan dan memotivasi) dari berbagai sumber
3.4 Menelaah pola
penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan, poster (yang membuat bangga dan
memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.
4.4 Menyajikan
gagasan, pesan dan ajakan dalam bentuk iklan, slogan, atau poster secara
lisan dan tulis.
|
·
Pengertian iklan, slogan, dan poster
·
Unsur-unsur iklan, slogan, dan poster
·
Kaidah kebahasaan iklan, slogan dan poster
·
Jenis-jenis iklan, slogan, dan poster
|
11. Disajikan
sebuah tabel unsur-unsur teks iklan, slogan, dan poster, siswa mampu
menemukan persamaan ketiga teks tersebut.
|
11
|
12. Disajikan
sebuah teks slogan, siswa mampu memahami makna dari teks slogan tersebut.
|
12
|
||||
13. Disajikan
sebuah teks iklan, siswa mampu menunjukkan jenis teks iklan dengan benar.
|
13
|
||||
14. Disajikan
contoh teks iklan, siswa mampu menunjukkan makna teks iklan tersebut.
|
14
|
||||
15. Disajikan
sebuah contoh iklan, siswa mampu menunjukkan maknanya.
|
15
|
||||
16. Siswa
mampu menunjukkan kaidah kebahasaan teks slogan dengan benar.
|
16
|
||||
17. Disajikan
sebuah kalimat, siswa mampu membuat slogan dari kalimat tersebut dengan
tepat.
|
17
|
||||
18. Siswa
dapat menunjukkan syarat bahasa iklan dengan tepat.
|
18
|
||||
19. Siswa
mampu menunjukkan langkah menulis iklan yang tepat sesuai dengan struktur
iklan.
|
19
|
||||
20. Disajikan
sebuah teks iklan, siswa dapat menentukan fakta yang terdapat pada teks
iklan.
|
20
|
B. Uraian Singkat
No
|
Bab
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
Soal
|
No
Soal
|
1
|
Teks
Berita
|
3.1 Mengidentifikasi
unsur-unsur teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar
dan dibaca.
4.1 Menyimpulkan isi dari berita (membanggakan
dan memotivasi) yang dibaca dan didengar.
3.2 Menelaah struktur dan kebahasaan teks
berita (membanggakan dan memotivasi)
yang didengar dan dibaca berita
4.2 Menyajikan data, informasi dalam bentuk berita secara lisan dan tulis dengan memperhatikan
struktur, kebahasaan, atau aspek lisan (lafal, intonasi, mimik,
kinesik).
|
·
Unsur unsur berita
·
Struktur teks berita
·
Kaidah kebahasaan dalam teks berita
-
Kata kerja mental
-
Konjungsi temporal
-
Kalimat langsung
-
Afiksasi
|
1.
Disajikan sebuah teks berita, siswa mampu menunjukkan
unsur-unsur berita dengan tepat secara berurutan berdasarkan teks.
|
1
|
2.
Siswa mampu menyebutkan struktur teks berita dengan
tepat.
|
2
|
||||
3. Siswa
dapat menunjukkan kata kerja mental dengan tepat.
|
3
|
||||
4. Siswa
dapat menunjukkan ciri-ciri kalimat langsung.
|
4
|
||||
5.
Siswa dapat menunjukkan salah satu contoh kaidah
kebahasaan dalam teks berita dengan tepat.
|
5
|
||||
6.
Disajikan sebuah kalimat, siswa dapat menunjukkan
definisi iklan/poster/slogan
|
6
|
||||
2
|
Teks
Iklan, Slogan, dan Poster
|
3.3 Mengidentifikasi informasi teks iklan, slogan, atau poster (yang
membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.
4.3 Menyimpulkan isi iklan,
slogan atau poster ( membanggakan dan memotivasi) dari berbagai sumber.
3.4 Menelaah pola penyajian dan
kebahasaan teks iklan, slogan, poster (yang membuat bangga dan memotivasi)
dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.
4.4 Menyajikan gagasan, pesan
dan ajakan dalam bentuk iklan, slogan, atau poster secara lisan dan tulis.
|
·
Pengertian iklan, slogan, dan poster
·
Unsur-unsur iklan, slogan, dan poster
·
Kaidah kebahasaan iklan, slogan dan poster
·
Jenis-jenis iklan
|
7.
Disajikan sebuah teks, siswa mampu menentukan jenis
teks iklan/slogan/poster dengan benar.
|
7
|
8.
Disajikan sebuah gambar, siswa mampu menentukan jenis
teks iklan/slogan/poster dengan benar.
|
8
|
||||
9.
Disajikan pengertian salah satu jenis teks iklan, siswa
mampu menentukan jenis teks tersebut dengan benar
|
9
|
||||
10. Siswa
mampu menunjukkan unsur-unsur teks iklan/poster/slogan
|
10
|
C.
Esai
No
|
Bab
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator Soal
|
No
Soal
|
1
|
Teks
Berita
|
·
Pengertian teks berita
·
Kaidah kebahasaan teks berita
·
Jenis-jenis teks iklan
·
Unsur unsur iklan, slogan, dan poster
|
1.
Siswa mampu menjelaskan dengan rinci pengertian teks
berita.
|
1
|
|
2
|
Teks
Iklan, Slogan, dan Poster
|
2.
Disajikan sebuah teks berita, siswa mampu menyunting
penggunaan kalimat langsung dengan benar.
|
2
|
||
3.
Siswa mampu menjelaskan jenis-jenis teks iklan dengan
tepat.
|
3
|
||||
4.
Siswa mampu menjelaskan unsur-unsur teks iklan, slogan,
dan poster dengan benar
|
4
|
||||
5.
Siswa mampu membuat sebuah poster sesuai dengan
struktur dan kaidah penulisan.
|
5
|
Kelas 7
KISI-KISI
PENULISAN SOAL
ULANGAN SEMESTER GANJIL
TAHUN
PELAJARAN 2019-2020
Mata Pelajaran
|
: Bahasa Indonesia
|
Kelas/Semester
|
r: 7/1
|
Jenjang Pendidikan
|
: SMP Al Azhar 1 Bandarlampung
|
Jumlah Soal
|
: 35
|
Tahun pelajaran
|
: 2019/2020
|
Bentuk Soal
Penyusun
|
: Pilihan Ganda,
Isian, dan Uraian
: Siti Nurohita
|
A.
Pilihan Ganda
No
|
Bab
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator
Soal
|
No
Soal
|
1.
|
Teks Deskripsi
|
3.1 Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek yang
didengar dan dibaca.
4.1 Menentukan isi teks deskripsi objek (tempat wisata, tempat
bersejarah, suasana pentas seni
daerah, dll) yang
didengar dan dibaca.
3.2 Menelaah struktur dan kaidah kebahasaan dari teks
deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau
suasana pentas seni daerah) yang
didengar dan dibaca.
4.2 Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk
teks deskripsi tentang objek (sekolah,tempat wisata, tempat bersejarah, dan
atau suasana pentas seni daerah) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan
struktur dan aspek kebahasaan baik secara lisan dan tulis
|
Teks
deskripsi
·
Pengertian teks deskripsi
·
Isi teks deskripsi
·
Ciri umum teks deskripsi
·
Struktur teks deskripsi
·
Kaidah kebahasaan
·
Struktur teks deskripsi dan
contoh-contoh telaahannya.
·
Kaidah-kaidah kebahasaan teks deskripsi dan contoh- contoh telaahannya.
|
1. Peserta
didik dapat menujukkan ciri Teks Deskripsi.
|
1
|
2. Disajikan
Teks Deskripsi, peserta didik mampu menunjukkan struktur teks deskripsi.
|
2
|
||||
3. Disajikan teks deskripsi, siswa mampu menunjukkan judul yang tepat
terhadap objek yang dibicarakan.
|
3
|
||||
4. Peserta
didik mampu menunjukkan aspek teks deskripsi bidang perasaan.
|
4
|
||||
5. Disajikan
kalimat rumpang, peserta didik mampu menunjukkan
pilihan kata yang tepat.
|
5
|
||||
6. Disajikan
sebuah teks, siswa mampu menunjukkan makna dari sebuah imbuhan
|
6
|
||||
7. Peserta didik mampu menunjukkan kata
awalan/imbuhan Me-N disertai kata dasar yang berawalan K,P,T,S dengan tepat
|
7
|
||||
8. Siswa mampu menunjukkan penggunaan di sebagai kata
depan
|
8
|
||||
9. Siswa mampu mendefinisikan kata umum dan kata khusus
|
9
|
||||
10. Disajikan teks deskripsi, peserta didik mampu menunjukkan
kalimat yang menggunakan majas.
|
10
|
||||
2
|
Teks Cerita Fantasi
|
3.3 Mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi (cerita
fantasi) yang dibaca dan didengar
4.3 Menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi) yang didengar
dan dibaca
3.4 Menelaah struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita
fantasi) yang dibaca dan didengar
4.4 Menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk cerita fantasi secara lisan
dan tulis dengan memperhatikan struktur dan penggunaan bahasa
|
·
Pengertian dan contoh- contoh
teks narasi (cerita fantasi)
·
Unsur-unsur teks cerita
narasi.
·
Struktur teks narasi.
·
Kaidah kebahasaan teks narasi.
·
Penceritaan kembali isi teks narasi
·
Penggunaan kata
imbuhan me-N dan kata depan di
·
Struktur teks cerita fantasi
(orientasi, komplikasi, resolusi)
·
Kebahasaan teks cerita fantasi
|
11. Peserta
didik mampu menunjukkan ciri-ciri cerita fantasi
|
11
|
12. Disajikan cerita fantasi, siswa mampu menunjukkan jenis-jenis cerita
fantasi
|
12
|
||||
13. Siswa mampu menunjukkan struktur cerita fantasi yang tepat
|
13
|
||||
14. Siswa mampu menunjukkan definisi struktur cerita fantasi berupa
orientasi
|
14
|
||||
15. Siswa mampu menunjukkan jenis cerita fantasi dengan tepat
|
15
|
||||
16. Siswa mampu menunjukkan sifat dari cerita fantasi yang merupakan
cerita khayalan/tidak nyata
|
16
|
||||
17. Disajikan salah satu ciri cerita fantasi yaitu memiliki keunikan,
siswa mampu menunjukkan dengan tepat keunikan tokoh dalam cerita fantasi
|
17
|
||||
18. Disajikan cerita fantasi, siswa mampu menunjukkan kalimat yang
memililki ciri adanya keajaiban/keunikan
|
18
|
||||
19. Disajikan cerita fantasi, siswa mampu menunjukkan unsur intrinsik
dengan tepat
|
19
|
||||
20. Disajikan cerita fantasi, siswa mampu memahami mana bagian resolusi
dengan tepat
|
20
|
B.
Uraian Singkat
No
|
Bab
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
Soal
|
No
Soal
|
1
|
Teks Deskripsi
|
3.1 Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek yang didengar
dan dibaca.
4.1 Menentukan isi teks deskripsi objek (tempat wisata, tempat
bersejarah, suasana pentas seni
daerah, dll) yang
didengar dan dibaca.
|
·
Tujuan Teks
Deskripsi
·
Struktur teks deskripsi
·
Sinonim kata
dalam teks deskripsi
·
Kaidah Kebahasaan
teks deskripsi
·
Unsur intrinsik
·
Jenis cerita
fantasi
|
1.
Siswa mampu
menunjukkan tujuan teks deskripsi ditinjau dari segi komunikasi
|
1
|
2.
Siswa mampu
menunjukkan struktur teks deskripsi
|
2
|
||||
3.
Disajikan sebuah
kalimat, siswa mampu menunjukkan jenis kalimat
(interogatif/deklaratif/imperatif)
|
3
|
||||
4.
Disajikan sebuah
kalimat, siswa mampu menunjukkan sinonim kata yang bergaris bawah dengan
tepat
|
4
|
||||
5.
Siswa mampu
menunjukkan ciri-ciri penggunaan di sebagai kata depan dengan tepat
|
5
|
||||
3.2 Menelaah struktur dan kaidah kebahasaan dari teks
deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau
suasana pentas seni daerah) yang
didengar dan dibaca.
4.2 Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk
teks deskripsi tentang objek (sekolah,tempat wisata, tempat bersejarah, dan
atau suasana pentas seni daerah) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan
struktur dan aspek kebahasaan baik secara lisan dan tulis
3.3 Mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi (cerita fantasi) yang
dibaca dan didengar
4.3 Menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi) yang didengar
dan dibaca
4.4 Menelaah
struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita fantasi) yang dibaca dan didengar
|
·
Struktur cerita
fantasi
·
Unsur intrinsik
·
Jenis cerita
fantasi
·
Kaidah kebahasaan
cerita fantasi
|
6.
Siswa mampu
memahami struktur cerita fantasi dengan tepat.
|
6
|
||
7.
Siswa mampu
menunjukkan salah satu unsur intrinsik dalam cerita fantasi
|
7
|
||||
2
|
Teks Cerita Fantasi
|
8.
Siswa mampu
menunjukkan jenis cerita fantasi
|
8
|
||
9.
Disajikan salah
satu definisi struktur cerita fantasi, siswa mampu menentukan jenis cerita
fantasi dengan tepat
|
9
|
||||
10. Disajikan cerita fantasi, siswa mampu menentukan unsur
instrinsiknya
|
10
|
C. Esai
No
|
Bab
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator Soal
|
No
Soal
|
1
|
Teks Deskripsi
|
·
Pengertian teks
deskripsi
·
Struktur teks
deskripsi
·
Menyajikan sebuah
teks deskripsi
·
Ciri umum cerita
fantasi
·
Unsur intrinsik
cerita fantasi
|
1. Siswa mampu menunjukkan pengertian teks deskripsi
dengan tepat
|
1
|
|
2.
Siswa mampu
menunjukkan struktur teks deskripsi
|
2
|
||||
3.
Siswa mampu
menyajikan sebuah teks deskripsi sesuai dengan kaidah struktur teks deskripsi
|
3
|
||||
4.
Disajikan sebuah
teks deskripsi, siswa mampu menunjukkan ciri umum dari tokoh yang ada dalam
cerita tersebut
|
4
|
||||
5.
Siswa mampu menunjukkan
dengan benar unsur intrinsik dari cerita fantasi yang disajikan
|
5
|
Komentar
Posting Komentar