Kisi-kisi Soal Kelas 7 dan 8 Mid Semester, Kamis. 19 September 2019

Membahas Kisi-Kisi Soal

KISI-KISI PENULISAN SOAL
ULANGAN SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2019-2020

Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
  : 8/ Ganjil
Jenjang Pendidikan
: SMP Al Azhar 1 Bandarlampung
Jumlah Soal
: 35
Tahun pelajaran
: 2019/2020
Bentuk Soal Penyusun
: Pilihan Ganda, Isian, dan Uraian

: Siti Nurohita
A.     Pilihan Ganda
No
Bab
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
No
Soal
1.
Teks Berita
3.1 Mengidentifikasi unsur-unsur  teks berita  (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca.
4.1  Menyimpulkan isi dari berita (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar.
3.2  Menelaah struktur dan kebahasaan teks berita (membanggakan dan memotivasi)  yang didengar dan dibaca berita
4.2  Menyajikan data,  informasi dalam bentuk berita  secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, kebahasaan,  atau  aspek lisan (lafal, intonasi, mimik, kinesik).

·         Unsur unsur berita
·         Struktur teks berita
·         Kaidah kebahasaan dalam teks berita
-          Kata kerja mental
-          Konjungsi temporal
-          Kalimat langsung
-          Afiksasi

1.      Disajikan sebuah teks berita, siswa mampu menunjukkan pernyataan yang tepat sesuai dengan teks yang disajikan.
1
2.      Disajikan sebuah teks berita, siswa dapat menunjukkan unsur-unsur teks berita.
2
3.      Siswa dapat menunjukkan struktur teks berita dengan tepat.
3
4.      Siswa dapat menunjukkan karakteristik teks berita dengan tepat.

4
5.      Siswa dapat menunjukkan salah satu contoh kata konjungsi temporal dengan tepat.

5
6.      Siswa mampu menunjukkan penyampaian berita dengan tepat.
6
7.      Disajikan dua teks berita, siswa mampu menunjukkan kesamaan kedua teks berita dengan tepat.
7
8.      Siswa mampu menunjukkan salah satu fungsi penggunaan judul teks berita dengan tepat.
8
9.      Disajikan sebuah langkah menulis teks berita secara acak, siswa mampu mengurutkan langkah menulis teks berita dengan tepat.
9
10.  Siswa mampu menunjukkan tahap-tahap penyuntingan teks iklan
10
2
Teks Iklan, Slogan, dan Poster
3.3  Mengidentifikasi informasi   teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.
4.3 Menyimpulkan isi iklan, slogan atau poster ( membanggakan dan memotivasi) dari berbagai sumber
3.4 Menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan, poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.
4.4 Menyajikan gagasan, pesan dan ajakan dalam bentuk iklan, slogan, atau poster secara lisan dan tulis.
·         Pengertian iklan, slogan, dan poster
·         Unsur-unsur iklan, slogan, dan poster
·         Kaidah kebahasaan iklan, slogan dan poster
·         Jenis-jenis iklan, slogan, dan poster
11.  Disajikan sebuah tabel unsur-unsur teks iklan, slogan, dan poster, siswa mampu menemukan persamaan ketiga teks tersebut.

11
12.  Disajikan sebuah teks slogan, siswa mampu memahami makna dari teks slogan tersebut.
12
13.  Disajikan sebuah teks iklan, siswa mampu menunjukkan jenis teks iklan dengan benar.
13
14.  Disajikan contoh teks iklan, siswa mampu menunjukkan makna teks iklan tersebut.
14
15.  Disajikan sebuah contoh iklan, siswa mampu menunjukkan maknanya.
15
16.  Siswa mampu menunjukkan kaidah kebahasaan teks slogan dengan benar.
16
17.  Disajikan sebuah kalimat, siswa mampu membuat slogan dari kalimat tersebut dengan tepat.
17
18.  Siswa dapat menunjukkan syarat bahasa iklan dengan tepat.
18
19.  Siswa mampu menunjukkan langkah menulis iklan yang tepat sesuai dengan struktur iklan.
19
20.  Disajikan sebuah teks iklan, siswa dapat menentukan fakta yang terdapat pada teks iklan.
20



B.     Uraian Singkat
No
Bab
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
No
Soal
1
Teks Berita
3.1 Mengidentifikasi unsur-unsur  teks berita  (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca.
4.1  Menyimpulkan isi dari berita (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar.
3.2  Menelaah struktur dan kebahasaan teks berita (membanggakan dan memotivasi)  yang didengar dan dibaca berita
4.2  Menyajikan data,  informasi dalam bentuk berita  secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, kebahasaan,  atau  aspek lisan (lafal, intonasi, mimik, kinesik).


·         Unsur unsur berita
·         Struktur teks berita
·         Kaidah kebahasaan dalam teks berita
-          Kata kerja mental
-          Konjungsi temporal
-          Kalimat langsung
-          Afiksasi

1.      Disajikan sebuah teks berita, siswa mampu menunjukkan unsur-unsur berita dengan tepat secara berurutan berdasarkan teks.
1
2.      Siswa mampu menyebutkan struktur teks berita dengan tepat.

2
3.      Siswa dapat menunjukkan kata kerja mental dengan tepat.

3
4.      Siswa dapat menunjukkan ciri-ciri kalimat langsung.

4
5.      Siswa dapat menunjukkan salah satu contoh kaidah kebahasaan dalam teks berita dengan tepat.
5

6.      Disajikan sebuah kalimat, siswa dapat menunjukkan definisi iklan/poster/slogan
6
2
Teks Iklan, Slogan, dan Poster
3.3  Mengidentifikasi informasi   teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.
4.3 Menyimpulkan isi iklan, slogan atau poster ( membanggakan dan memotivasi) dari berbagai sumber.
3.4 Menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan, poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.
4.4 Menyajikan gagasan, pesan dan ajakan dalam bentuk iklan, slogan, atau poster secara lisan dan tulis.
·         Pengertian iklan, slogan, dan poster
·         Unsur-unsur iklan, slogan, dan poster
·         Kaidah kebahasaan iklan, slogan dan poster
·         Jenis-jenis iklan
7.      Disajikan sebuah teks, siswa mampu menentukan jenis teks iklan/slogan/poster dengan benar.
7
8.      Disajikan sebuah gambar, siswa mampu menentukan jenis teks iklan/slogan/poster dengan benar.
8
9.      Disajikan pengertian salah satu jenis teks iklan, siswa mampu menentukan jenis teks tersebut dengan benar
9
10.  Siswa mampu menunjukkan unsur-unsur teks iklan/poster/slogan
10


C.     Esai
No
Bab
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
No
Soal
1
Teks Berita

·         Pengertian teks berita
·         Kaidah kebahasaan teks berita
·         Jenis-jenis teks iklan
·         Unsur unsur iklan, slogan, dan poster
1.      Siswa mampu menjelaskan dengan rinci pengertian teks berita.
1
2
Teks Iklan, Slogan, dan Poster
2.      Disajikan sebuah teks berita, siswa mampu menyunting penggunaan kalimat langsung dengan benar.
2


3.      Siswa mampu menjelaskan jenis-jenis teks iklan dengan tepat.
3


4.      Siswa mampu menjelaskan unsur-unsur teks iklan, slogan, dan poster dengan benar
4


5.      Siswa mampu membuat sebuah poster sesuai dengan struktur dan kaidah penulisan.
5

Kelas 7

KISI-KISI PENULISAN SOAL
ULANGAN SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2019-2020

Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
r: 7/1
Jenjang Pendidikan
: SMP Al Azhar 1 Bandarlampung
Jumlah Soal
: 35
Tahun pelajaran
: 2019/2020
Bentuk Soal Penyusun
: Pilihan Ganda, Isian, dan Uraian
: Siti Nurohita
A.      Pilihan Ganda
No
Bab
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
No
Soal
1.
Teks Deskripsi
3.1 Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek yang didengar dan dibaca.

4.1 Menentukan isi teks deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, suasana pentas seni
daerah, dll) yang didengar dan dibaca.

3.2 Menelaah struktur dan kaidah kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana  pentas seni daerah)                                          yang didengar dan dibaca.
4.2  Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi tentang objek (sekolah,tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur dan aspek kebahasaan baik secara lisan dan tulis
Teks deskripsi
·         Pengertian teks deskripsi
·         Isi teks deskripsi
·         Ciri umum teks deskripsi
·         Struktur teks deskripsi
·         Kaidah kebahasaan

·         Struktur teks deskripsi dan contoh-contoh telaahannya.
·         Kaidah-kaidah kebahasaan teks deskripsi dan contoh- contoh telaahannya.
1. Peserta didik dapat menujukkan ciri Teks Deskripsi.
1
2. Disajikan Teks Deskripsi, peserta didik mampu menunjukkan struktur teks deskripsi.
2
3.  Disajikan teks deskripsi, siswa mampu menunjukkan judul yang tepat terhadap objek yang dibicarakan.
3
4. Peserta didik mampu menunjukkan aspek teks deskripsi bidang perasaan.

4
5. Disajikan kalimat rumpang, peserta didik mampu menunjukkan pilihan kata yang tepat.

5
6.  Disajikan sebuah teks, siswa mampu menunjukkan makna dari sebuah imbuhan
6
7. Peserta didik mampu menunjukkan kata awalan/imbuhan Me-N disertai kata dasar yang berawalan K,P,T,S dengan tepat
7
8. Siswa mampu menunjukkan penggunaan di sebagai kata depan
8
9. Siswa mampu mendefinisikan kata umum dan kata khusus
9
10. Disajikan teks deskripsi, peserta didik mampu menunjukkan kalimat yang menggunakan majas.
10
2
Teks Cerita Fantasi
3.3 Mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi (cerita fantasi) yang dibaca dan didengar
4.3 Menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi) yang didengar dan dibaca
3.4 Menelaah struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita fantasi) yang dibaca dan didengar
4.4 Menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk cerita fantasi secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur dan penggunaan bahasa
·         Pengertian dan contoh- contoh teks narasi (cerita fantasi)
·         Unsur-unsur teks cerita narasi.
·         Struktur teks narasi.
·         Kaidah kebahasaan teks narasi.
·         Penceritaan kembali isi teks narasi
·         Penggunaan kata imbuhan me-N dan kata depan di
·         Struktur teks cerita fantasi (orientasi, komplikasi, resolusi)
·         Kebahasaan teks cerita fantasi
11. Peserta didik mampu menunjukkan ciri-ciri cerita fantasi

11
12. Disajikan cerita fantasi, siswa mampu menunjukkan jenis-jenis cerita fantasi
12
13. Siswa mampu menunjukkan struktur cerita fantasi yang tepat
13
14. Siswa mampu menunjukkan definisi struktur cerita fantasi berupa orientasi
14
15. Siswa mampu menunjukkan jenis cerita fantasi dengan tepat
15
16. Siswa mampu menunjukkan sifat dari cerita fantasi yang merupakan cerita khayalan/tidak nyata
16
17. Disajikan salah satu ciri cerita fantasi yaitu memiliki keunikan, siswa mampu menunjukkan dengan tepat keunikan tokoh dalam cerita fantasi
17
18. Disajikan cerita fantasi, siswa mampu menunjukkan kalimat yang memililki ciri adanya keajaiban/keunikan
18
19. Disajikan cerita fantasi, siswa mampu menunjukkan unsur intrinsik dengan tepat
19
20. Disajikan cerita fantasi, siswa mampu memahami mana bagian resolusi dengan tepat
20
  
B.      Uraian Singkat
No
Bab
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
No
Soal

1
Teks Deskripsi
3.1 Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek yang didengar dan dibaca.

4.1 Menentukan isi teks deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, suasana pentas seni
daerah, dll) yang didengar dan dibaca.


·         Tujuan Teks Deskripsi
·         Struktur teks deskripsi
·         Sinonim kata dalam teks deskripsi
·         Kaidah Kebahasaan teks deskripsi
·         Unsur intrinsik
·         Jenis cerita fantasi

1.       Siswa mampu menunjukkan tujuan teks deskripsi ditinjau dari segi komunikasi
1
2.       Siswa mampu menunjukkan struktur teks deskripsi

2
3.       Disajikan sebuah kalimat, siswa mampu menunjukkan jenis kalimat (interogatif/deklaratif/imperatif)

3
4.       Disajikan sebuah kalimat, siswa mampu menunjukkan sinonim kata yang bergaris bawah dengan tepat

4
5.       Siswa mampu menunjukkan ciri-ciri penggunaan di sebagai kata depan dengan tepat
5


3.2 Menelaah struktur dan kaidah kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana  pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca.
4.2  Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi tentang objek (sekolah,tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur dan aspek kebahasaan baik secara lisan dan tulis
3.3 Mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi (cerita fantasi) yang dibaca dan didengar
4.3 Menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi) yang didengar dan dibaca
4.4 Menelaah struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita fantasi) yang dibaca dan didengar
·         Struktur cerita fantasi
·         Unsur intrinsik
·         Jenis cerita fantasi
·         Kaidah kebahasaan cerita fantasi
6.       Siswa mampu memahami struktur cerita fantasi dengan tepat.
6

7.       Siswa mampu menunjukkan salah satu unsur intrinsik dalam cerita fantasi
7
2
Teks Cerita Fantasi
8.       Siswa mampu menunjukkan jenis cerita fantasi
8
9.       Disajikan salah satu definisi struktur cerita fantasi, siswa mampu menentukan jenis cerita fantasi dengan tepat
9
10.    Disajikan cerita fantasi, siswa mampu menentukan unsur instrinsiknya
10


C.      Esai
No
Bab
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
No
Soal
1
Teks Deskripsi

·         Pengertian teks deskripsi
·         Struktur teks deskripsi
·         Menyajikan sebuah teks deskripsi
·         Ciri umum cerita fantasi
·         Unsur intrinsik cerita fantasi
1.       Siswa mampu menunjukkan pengertian teks deskripsi dengan tepat
1
2.       Siswa mampu menunjukkan struktur teks deskripsi
2
3.       Siswa mampu menyajikan sebuah teks deskripsi sesuai dengan kaidah struktur teks deskripsi
3
4.       Disajikan sebuah teks deskripsi, siswa mampu menunjukkan ciri umum dari tokoh yang ada dalam cerita tersebut
4
5.       Siswa mampu menunjukkan dengan benar unsur intrinsik dari cerita fantasi yang disajikan
5





















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisi Kisi Soal UH Bab 5 Puisi Rakyat, Kamis 23 Januari 2020

KAIDAH KEBAHASAAN SURAT DINAS DAN SURAT PRIBADI KELAS 7 (MATERI DAN TUGAS) Senin, 30 Maret 2020

JENIS-JENIS SURAT DINAS KELAS 7 (MATERI DAN TUGAS) Selasa, 31 Maret 2020