Teks Laporan Hasil Observasi Kelas 7, Kamis 31 Oktober 2019

MENGIDENTIFIKASI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI

A. Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi

Teks laporan hasil observasi adalah teks yang berisi penjabaran umum atau melaporkan sesuatu berupa hasil dari pengamatan (observasi). Teks laporan observasi juga disebut teks klasifikasi karena memuat klasifikasi mengenai jenis-jenis sesuatu berdasarkan kriteria tertentu.
Menggambarkan ciri, bentuk, atau sifat umum seperti benda, hewan, manusia, tumbuh-tumbuhan, atau peristiwa yang terjadi di alam semesta kita. Teks hasil observasi bersifat faktual atau berdasarkan fakta yang ada.
Tujuan teks ini
  • Mengatasi suatu persoalan.
  • Menemukan teknik atau cara terbaru.
  • Mengambil keputusan yang lebih efektif.
  • Melakukan pengawasan dan/atau perbaikan.
  • Mengetahui perkembangan suatu permasalahan.
Fungsi teks ini:
  • Melaporkan tanggung jawab sebuah tugas dan kegiatan pengamatan.
  • Menjelaskan dasar penyusunan kebijaksanaan, keputusan dan/atau pemecahan masalah dalam pengamatan.
  • Sarana untuk pendokumentasian.
  • Sebagai sumber informasi terpercaya.
Ciri-ciri teks hasil observasi:
  • Bersifat objektif, global, universal.
  • Objek yang akan dibicarakan/dibahas adalah objek tunggal.
  • Ditulis secara lengkap dan sempurna.
  • Ditulis berdasarkan fakta sesuai dengan pengamatan yang telah dilakukan.
  • Informasi teks merupakan hasil penelitian terkini yang sudah terbukti kebenarannya.
  • Tidak mengandung prasangka/dugaan/pemihakan yang menyimpang atau tidak tepat.
  • Saling berkaitan dengan hubungan berjenjang antara kelas dan subkelas yang terdapat di dalamnya.
Sifat teks laporan ini:
  • Bersifat Informatif.
  • Bersifat Komunikatif.
  • Bersifat Objektif

BAHAN AJAR
3.7  Mengidentifikasi informasi dari teks laporan hasil observasi berupa buku pengetahuan
yang dibaca atau diperdengarkan.
3.7.1 Menyimpulkan ciri umum teks laporan hasil observasi pada teks yang dibaca/didengar.
3.7.2 Mendaftar kata/kalimat sebagai ciri teks laporan hasil observasi pada teks yang dibaca/didengar.

 Pendahuluan
Mengucapkan salam, berdo’a, mengondisikan kelas ke dalam situasi belajar dan mengabsen peserta didik.
Guru bertanya-jawab tentang bentuk teks laporan hasil observasi dalam kehidupan sehari-hari. Pada bagian awal ini siswa disadarkan adanya teks laporan hasil observasi dalam komunikasi nyata (pada majalah/ jurnal ilmiah, buku pengetahuan populer, dan buku-buku pengetahuan yang lain. Untuk membangun konteks perlu disadarkan kebesaran Tuhan yang Maha Berilmu. Ilmu Tuhan terpapar pada seluruh aspek kehidupan. Hal ini bertujuan agar siswa lebih menyadari perlunya terus mensyukuri dan berusaha mencari tahu ilmu Tuhan yang ditebarkan pada seluruh bumi, langit, dan lautan. Pembelajaran dapat dibuka dengan puisi yang berisi kesadaran manusia tentang adanya ilmu Tuhan yang luas tak terbatas.
Bertanya jawab tentang kata kunci pada puisi yang ada hubungannya dengan teks laporan hasil observasi.Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.
Membangun konteks untuk menumbuhkan sikap yang telah dirancang pada KD 2.
Kegiatan Inti
  • Membaca contoh LHO/ melihat video dokumenter tentang meteor, hutan bakau, flora fauna dari segi ilmu.
  • Bertanya jawab tentang isi teks pertanyaan (apa yang dilaporan hasil observasikan, informasi apa saja yang ada pada bagian teks).
  • Berdiskusi ciri pengembangan isi teks laporan hasil observasi.
  • Menyimpulkan ciri pengembangan isi teks laporan hasil observasi.
  • Menyimpulkan tujuan komunikasi teks LHO.
  • Mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
  • Kelompok diskusi lain saling menanggapi.
Penutup
  • Siswa bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yang telah dipelajari.
  • Siswa bersama guru melakukan indentifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksnakan.
  • Siswa menerima umpan balik tentang proses pembelajaran.
  • Siswa diwajibkan membaca buku pengetahuan populer untuk meningkatkan diri, mencintai lingkungan atau menambah wawasan tentang ilumu. Misalnya membaca tentang meteor, tentang penyakit hati, tentang usus mausia, tentang fauna dan flora Indonesia.
  • Siswa menerima penyampaian tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 121 s.d 138.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 75 s.d 81.

Penugasan dan Portofolio
2 JP

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisi Kisi Soal UH Bab 5 Puisi Rakyat, Kamis 23 Januari 2020

KAIDAH KEBAHASAAN SURAT DINAS DAN SURAT PRIBADI KELAS 7 (MATERI DAN TUGAS) Senin, 30 Maret 2020

JENIS-JENIS SURAT DINAS KELAS 7 (MATERI DAN TUGAS) Selasa, 31 Maret 2020