Teks Laporan Hasil Observasi Kelas 7, Kamis 31 Oktober 2019
MENGIDENTIFIKASI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI
A. Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi
Teks laporan hasil observasi adalah teks yang berisi penjabaran umum atau melaporkan sesuatu berupa hasil dari pengamatan (observasi). Teks laporan observasi juga disebut teks klasifikasi karena memuat klasifikasi mengenai jenis-jenis sesuatu berdasarkan kriteria tertentu.
Menggambarkan ciri, bentuk, atau sifat umum seperti benda, hewan, manusia, tumbuh-tumbuhan, atau peristiwa yang terjadi di alam semesta kita. Teks hasil observasi bersifat faktual atau berdasarkan fakta yang ada.
Tujuan teks ini
- Mengatasi suatu persoalan.
- Menemukan teknik atau cara terbaru.
- Mengambil keputusan yang lebih efektif.
- Melakukan pengawasan dan/atau perbaikan.
- Mengetahui perkembangan suatu permasalahan.
Fungsi teks ini:
- Melaporkan tanggung jawab sebuah tugas dan kegiatan pengamatan.
- Menjelaskan dasar penyusunan kebijaksanaan, keputusan dan/atau pemecahan masalah dalam pengamatan.
- Sarana untuk pendokumentasian.
- Sebagai sumber informasi terpercaya.
Ciri-ciri teks hasil observasi:
- Bersifat objektif, global, universal.
- Objek yang akan dibicarakan/dibahas adalah objek tunggal.
- Ditulis secara lengkap dan sempurna.
- Ditulis berdasarkan fakta sesuai dengan pengamatan yang telah dilakukan.
- Informasi teks merupakan hasil penelitian terkini yang sudah terbukti kebenarannya.
- Tidak mengandung prasangka/dugaan/pemihakan yang menyimpang atau tidak tepat.
- Saling berkaitan dengan hubungan berjenjang antara kelas dan subkelas yang terdapat di dalamnya.
Sifat teks laporan ini:
- Bersifat Informatif.
- Bersifat Komunikatif.
- Bersifat Objektif
BAHAN AJAR
3.7 Mengidentifikasi
informasi dari teks laporan hasil observasi berupa buku pengetahuan
yang dibaca atau diperdengarkan.
|
3.7.1 Menyimpulkan
ciri umum teks laporan hasil observasi pada teks yang dibaca/didengar.
3.7.2 Mendaftar
kata/kalimat sebagai ciri teks laporan hasil observasi pada teks yang
dibaca/didengar.
|
Pendahuluan
Mengucapkan salam, berdo’a,
mengondisikan kelas ke dalam situasi belajar dan mengabsen peserta didik.
Guru bertanya-jawab tentang bentuk
teks laporan hasil observasi dalam kehidupan sehari-hari. Pada bagian awal
ini siswa disadarkan adanya teks laporan hasil observasi dalam komunikasi
nyata (pada majalah/ jurnal ilmiah, buku pengetahuan populer, dan buku-buku
pengetahuan yang lain. Untuk membangun konteks perlu disadarkan kebesaran
Tuhan yang Maha Berilmu. Ilmu Tuhan terpapar pada seluruh aspek kehidupan.
Hal ini bertujuan agar siswa lebih menyadari perlunya terus mensyukuri dan
berusaha mencari tahu ilmu Tuhan yang ditebarkan pada seluruh bumi, langit,
dan lautan. Pembelajaran dapat dibuka dengan puisi yang berisi kesadaran
manusia tentang adanya ilmu Tuhan yang luas tak terbatas.
Bertanya jawab tentang kata kunci
pada puisi yang ada hubungannya dengan teks laporan hasil
observasi.Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.
Membangun konteks untuk
menumbuhkan sikap yang telah dirancang pada KD 2.
Kegiatan Inti
Penutup
|
Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016.
Halaman 121 s.d 138.
Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi
Revisi 2016. Halaman 75 s.d 81.
|
Penugasan dan Portofolio
|
2 JP
|
Komentar
Posting Komentar