MATERI SURAT RESMI KELAS 7, SELASA 17 MARET 2020

Tujuan Pembelajaran Hari Ini Selasa, 17 Maret 2020
3.13 Mengidentifikasi informasi (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar


MATERI
Squad, apakah kalian sudah pernah membuat surat? Menurut KBBI, surat adalah secarik kertas dan sebagainya yang digunakan sebagai tanda atau keterangan, sesuatu yang ditulis, atau yang tertulis. Surat terbagi menjadi dua, yaitu surat pribadi dan surat dinas. Apa kalian tahu apa perbedaan di antara kedua jenis surat tadi? Yuk, kita cari tahu bersama.
Surat Pribadi
Surat pribadi adalah surat yang digunakan untuk berkomuniasi secara pribadi, bersifat tidak resmi, dan berisi tentang masalah pribadi. Surat pribasi ditulis oleh seorang individu atau perseorangan untuk orang lain atau instansi lain. Oleh karena itu, bahasa dari surat pribadi bersifat pribadi, santai, mudah dipahami, dan komunikatif.
Surat pribadi yang dibuat dari seseorang untuk orang lain, misalnya surat bertukar kabar kepada kerabat. Sementara itu, contoh surat pribadi yang dikirim ke suatu instansi, misalnya surat izin tidak masuk sekolah karena suatu hal.
Jika bahasa dalam surat resmi lebih baku dan jelas polanya, maka tidak demikian dengan surat pribadi. Namun, dalam surat pribadi tetap ada hal yang perlu diperhatikan yaitu tata etika atau sopan santun. Khususnya jika kita menulis kepada orang lain yang lebih dewasa. Berikut adalah contoh dari surat pribadi.
surat pribadi dan surat dinas - contoh surat
Surat pribadi di atas merupakan surat yang ditujukan dari seorang anak kepada orang tuanya. Seperti yang kita lihat pada contoh tersebut, bahasa yang digunakan dalam surat pribadi biasanya menggunakan bahasa percakapan sehari-hari.
unsur2 surat pribadi.png
Surat Resmi
Surat resmi biasa juga disebut dengan surat dinas. Surat dinas adalah surat yang dikirim oleh suatu instansi atau lembaga kepada perseorangan atau ke instansi lain yang berisi hal-hal kedinasan. Contoh dari surat dinas adalah surat undangan, surat jual beli, surat perjanjian, nota dinas, dan lain-lain. 
Dalam menulis surat dinas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu penggunaan bahasanya. Namun, bahasa yang digunakan pada surat dinas ini lebih mudah dibanding surat pribadi. Surat resmi tidak memerlukan bahasa yang bertele-tele. Gaya bahasa dari surat resmi lebih singkat, jelas, dan berpola tetap.
unsur2 surat resmi.png
Surat resmi hanya dapat ditulis oleh sebuah instansi kepada instansi lain atau individu. Seseorang atau individu tidak boleh menulis surat dinas. Maka, pada surat dinas ada kepala surat dan nomor surat. Isi surat dinas berkaitan dengan topik kedinasan, misalnya undangan rapat, lamaran pekerjaan, izin menggunakan tempat, dan sebagainya.
surat pribadi dan surat dinas - contoh surat resmi
Nah, itulah tadi perbedaan antara surat pribadi dan surat dinas. Sekarang tentu kalian sudah dapat membedakan 'kan perbedaan dari kedua jenis surat tersebut? Apakah kalian sudah paham? 

TUGAS!
A.
1. TERMASUK KE DALAM APAKAH SURAT DI BAWAH INI? RESMI ATAU PRIBADI? JELASKAN ALASANMU
2. IDENTIFIKASIKAN BAGIAN-BAGIAN SURAT DI BAWAH INI SEPERTI CONTOH DI ATAS!
Description: C:\Documents and Settings\r@l35\My Documents\images1.jpg KEMENTERIAN RISET TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI
                                UNIVERSITAS LAMPUNG
         FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
               JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI
    Jl. Soemantri Brojonegoro No. 1 Gedungmeneng Bandar Lampung 35145 
 


Hal : Undangan Seminar Proposal

Yth. Dr. Munaris, M.Pd.
        di
        Tempat



Dengan hormat,
Sehubungan dengan akan diadakannya seminar mahasiswa berikut.

Nama/NPM
Judul Skripsi
Dosen Pembimbing/Pembahas
Siti Nurohita/
1413041070
Imaji dalam Kumpulan Puisi Melipat Jarak Karya Sapardi Djoko Damono dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Sastra di SMA
Pembimbing I
Drs. Kahfie Nazaruddin, M.Hum.

Pembimbing II
Bambang Riadi, S.Pd.,M.Pd.

Dosen Pembahas
Dr. Munaris, M.Pd.


Kami mengundang Bapak untuk hadir pada:
hari, tanggal    : Selasa, 27 Februari 2018
pukul               : 14.00 WIB
tempat             : K5

Demikian undangan ini kami sampaikan. Atas perhatian Bapak, kami ucapkan terima kasih.

               
Bandarlampung,  27 Februari 2020
Koordinator Seminar



Bambang Riadi, M.Pd.
/ Megaria,S.Pd.M.Hum.
 B.

 2. JELASKAN PERBEDAAN ANTARA SURAT NO. 1 DAN NO 2. ADAKAH PERBEDAANNYA. TERMASUK KE DALAM APAKAH SURAT DI BAWAH? JELASKAN ALASANMU
3. IDENTIFIKASIKAN BAGIAN-BAGIAN SURAT DI BAWAH INI SESUAI DENGAN CONTOH MATERI!
Hasil gambar untuk CONTOH SURAT PRIBADI
note:  TUGAS DIKERJAKAN DAN DIKUMPULKAN PALING LAMBAT MALAM INI MELALUI EMAIL IBU nurohita30@gmail.com atau melalui wa. Kerjakan di buku latihan atau kalian ketik di ms office kemudian kalian foto bukti bahwa kalian mengerjakan tugas!
 STAY SAFE AND STAY AT HOME ANAK-ANAKKU SAYANG SISWA SISWA KELAS 7 SMP AL AZHAR 1 BANDARLAMPUNG 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisi Kisi Soal UH Bab 5 Puisi Rakyat, Kamis 23 Januari 2020

KAIDAH KEBAHASAAN SURAT DINAS DAN SURAT PRIBADI KELAS 7 (MATERI DAN TUGAS) Senin, 30 Maret 2020

Kisi-kisi Soal Kelas 7 dan 8 Mid Semester, Kamis. 19 September 2019