LITERASI BUKU FIKSI DAN NON FIKSI KELAS 7 (MATERI DAN TUGAS) SELASA, 14 APRIL 2020

Apa itu Literasi? Buku Fiksi, Buku Non Fiksi?? Dalam kamus besar Bahasa Indonesia, pengertian literasi adalah kemampuan menulis dan membaca. Kegiatan literasi merupakan salah satu aktivitas penting dalam kehidupan. Sebagian besar proses pendidikan tergantung pada kemampuan dan kesadaran literasi. 

Budaya literasi yang tertanam dengan baik akan memengaruhi keberhasilan seseorang dalam menyelesaikan pendidikan dan mencapai keberhasilan dalam kehidupan bermasyarakat.

Pada mata pelajaran Bahasa Indonesia terdapat salah satu bab mengenai literasi yang dimana para siswa ditekankan untuk membuat laporan dari kegiatan tersebut. Lebih tepatnya laporan literasi buku fiksi atau pun non fiksi, tergantung guru pengajar dalam memberikan tugas. Apakah menggunakan buku fiksi sebagai bahannya, ataukah menggunakan buku non fiksi.
Contoh Literasi Buku Fiksi dan Non Fiksi Serta Cara Membuatnya

Buku fiksi adalah jenis buku karangan yang dibuat berdasarkan khayalan, dalam artian tidak sesuai dengan kenyataan. Contoh buku fiksi yang dimaksud dapat berwujud buku dongeng, novel, komik, cerpen, kumpulan puisi, pantun, dan peribahasa, 


Sedangkan buku non fiksi adalah kebalikannya. Buku non fiksi adalah jenis buku yang dibuat berdasarkan kenyataan seperti biografi, sejarah, kbbi, motivasi, dan karya asli juga termasuk di dalamnya. 

Karya Asli? Contohnya seperti buku "Aku Ini Binatang Jalang", kumpulan sajak Chairil Anwar.

Kegiatan Literasi


Ada beberapa persiapan awal yang harus kamu lakukan untuk memulai kegiatan literasi dan membuat laporan dari kegiatan tersebut. Berikut ini rinciannya :
  1. Carilah buku fiksi atau nonfiksi di perpustakaan/pinjam teman. Kriteria jenis buku bisa dilihat di atas. Minta pendapat kepada guru, apakah buku yang kamu jadikan bahan literasi cocok atau tidak.
  2. Apabila memungkinkan, cari buku yang tidak tebal guna mempercepat waktu literasi dan tidak mengganggu waktu belajar. Seperti apa bukunya? kumpulan puisi (fiksi), biografi (non fiksi).
  3. Tidak ada ketentuan jumlah halaman yang harus kamu baca per harinya. Sesuaikan dengan kelonggaran waktu, kecepatan baca, dan kemampuanmu memahami isi buku yang kamu baca. 

Cara Membuat Laporan Literasi Buku Fiksi atau Non Fiksi


Dalam pembuatan laporan literasi buku, terdapat perbedaan antara buku fiksi dan non fiksi. Dari segi unsur - unsur per bab dan juga penerapan poin - poin pentingnya. 

Akan tetapi saya lebih mengambil format laporan yang umum digunakan untuk semua buku, baik itu non fiksi atau pun buku fiksi. Kamu bisa mempelajarinya dangan baik di artikel ini.


Caranya? 

#1. Buat tabel.


Cara Membuat Laporan Literasi Buku Fiksi atau Non Fiksi


Kolom utama mencakup informasi judul buku, penyusun, penerbit dan tahun terbit, jenis buku (fiksi/non fiksi), dan tebal buku. Informasi tersebut bisa kamu peroleh dari halaman depan, setelah cover buku.

*Di kolom isi buku mencakup nama judul bab/sub bab dan kutipan utama yang mengarah kepada keseluruhan bab yang baru saja kamu baca. 

Jika isi yang terkandung pada bab tersebut sangat banyak, kamu bisa membaginya ke dalam beberapa part kutipan, dengan membuat sebuah list mulai dari no 1 - 5 dan seterusnya.

#2. Pelajari daftar isi.
#3. Baca keseluruhan buku.

#4. Buat kesimpulan dari buku yang kamu baca, lalu masukkan ke dalam kolom yang baru saja kamu buat.

TUGAS LITERASI !
Carilah satu contoh buku fiksi dan non fiksi yang kamu sukai yang ada di rumahmu,  bacalah buku tersebut kemudian kerjakan tabel di bawah ini!

Cara Membuat Laporan Literasi Buku Fiksi atau Non Fiksi

Kerjakan tugas di atas di dalam buku latihan, foto selfi kemudian foto tugas kirimkan ke wa 0895621990978. Seperti biasa tinggalkan komentar untuk mengisi kehadiran. Apabila ditemukan siswa yang sama isi tugasnya, akan dikurangi nilai karena dianggap mencontek. Kerjakan sendiri karena kejujuran lebih dihargai. Batas pengumpulan tugas sampai pukul 14.00 WIB!

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisi Kisi Soal UH Bab 5 Puisi Rakyat, Kamis 23 Januari 2020

KAIDAH KEBAHASAAN SURAT DINAS DAN SURAT PRIBADI KELAS 7 (MATERI DAN TUGAS) Senin, 30 Maret 2020

Kisi-kisi Soal Kelas 7 dan 8 Mid Semester, Kamis. 19 September 2019