DARING KELAS 7, 11 MEI 2020

UNSUR-UNSUR BUKU FIKSI DAN NON FIKSI

Buku fiksi merupakan buku yang menyajikan kejadian atau peristiwa tentang kehidupan berdasarkan hasil dari rekayasa imajinasi pengarang. Kejadian-kejadian tersebut bukanlah kejadian yang sebenarnya, namun hanya sebatas rekaan atau khayalan belaka. Sedangkan buku non fiksi merupakan kebalikan dari buku fiksi. Dalam buku non fiksi menjelaskan kejadian yang sebenarnya terjadi, dan hasilnya berupa pendapat atau opini atau penelitian seorang penulis.

Ide, gagasan atau ilham dari pengarang bisa saja bersumber dari fakta dalam kehidupan sehari-hari. namun fakta tersebut, telah di olah dan dikembangkan lebih lanjut berdasarkan kemampuan imajinasi pengarang. Meskipun kisah yang disajikan dalam buku fiksi seperti yang sebenarnya, buku fiksi tetap menyajikan peristiwa atau kejadian berdasarkan rekaan pengarang. Contoh beberapa buku fiksi seperti buku tentang anak, dongeng, novel, cerita pendek (cerpen), fabel, atau buku naskah drama. Sementara itu contoh daripada buku non fiksi seperti buku ilmiah penelitian, buku tentang pelajaran, buku tentang ensiklopedia, buku kumpulan esay, jurnal, buku dokumenter, buku tentang biografi seseorang, dan buku tentang laporan ilmiah (skripsi, tesis, makalah, dll).

Adapun ciri-ciri dari buku fiksi adalah sebagai berikut:
  • Buku fiksi ditulis dengan mengunakan bahasa rekaan
  •  Banyak yang menggunakan kata yang bersifat konotatif
  • Bentuk ceritanya seperti cerpen atau novel yang didalamnya mencakup alur, tema, tokoh, setting, sudut pandang dll.


Sebuah buku fiksi seperti cerpen, novel, dongeng atau yang lainnya tentu dibangun oleh dua unsur yaitu unsur intrinsik dan ekstrinsik. Unsur intrinsik adalah untuk yang membangun didalam cerita, sedangkan unsur ekstrinsik adalah unsur yang membangun diluar cerita. Seperti contoh unsur intrinsik yaitu:

  • Tema

Merupakan pokok persoalan yang menjadi dasar atau inti dalam cerita. Tema memiliki peran penting sebagai ide yang paling mendasar dalam sebuah cerita. Ada beberapa jenis tema yang dapat membangun cerita seperti tema kejujuran, persahabatan, perjuangan, pendidikan, dan lain-lain.

  • Alur atau plot

Merupakan jalinan peristiwa yang membangun cerita yang terdiri dari perkenalan, konflik, klimaks, dan anti klimaks. Alur terdiri dari alur maju (sesuai dengan urutan), alur mundur (tidak sesuai dengan urutan), dan alur campuran (perpaduan alur maju dan alur mundur).

  • Amanat

Merupakan pesan moral yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca. Amanat memiliki kaitan sangat erat dengan konflik. Oleh karena itu amanat dapat disampaikan secara tersirat maupun tersurat.

  • Sudut pandang

Merupakan posisi pengarang dalam cerita. Seorang pengarang memiliki kebebasan untuk memposisikan dirinya dalam cerita. Pengarang bisa menggunakan kata ganti saya atau aku sebagai tokoh utama dan tokoh yang berada diluar seperti kata ganti dia atau dia.

  • Latar

Merupakan keterangan yang menunjukan tempat, waktu dan suasana yang digunakan dalam cerita. Misalnya berkaitan dengan tempat (dirumah, sekolah, kantor), yang menunjukkan waktu (pagi hari, siang hari, sore hari, malam hari), sedangkan yang menunjukkan suasana yang dialami oleh tokoh (sedih, senang, gembira, terharu).

  • Tokoh

Merupakan pelaku dalam cerita. Tokoh dapat dibagi menjadi tokoh antagonis (tokoh yang jahat), tokoh protagonis (tokoh yang baik), dan tokoh tirtagonis (tokoh campuran).

  • Gaya bahasa

Merupakan cara pengarang dalam menyajikan sebuah cerita. Khususnya terkait dengan penggunaan bahasa. Apakah banyak yang menggunakan bahasa yang bersifat konotasi atau bahasa denotasi.


Unsur-unsur dalam buku fiksi

  • Bagian Cover depan
  • Bagian bab dan judul
  • Bagian cerita (perjalanan tokoh)
  • Bagian tema dan bahasa
Adapun unsur-unsur buku nonfiksi adalah sebagai berikut:
  •          Bagian halaman cover
  •          Bagian sistematika
  •          Bagian bab dan judul
  •          Bagian rincian bab dan isi
  •          Bagian penyajian isi
  •          Bagian bahasa yang digunakan

Tugas!
Temukan satu buku fiksi kemudian analisislah unsur-unsur dalam buku fiksi sesuai dengan judul yang kalian baca. Unsur-unsurnya terdapat pada materi di atas!
Silakan kerjakan boleh diketik kemudian selfi dan foto tugas kirim ke wa 0895621990978 sampai dengan pukul 14.00 WIB. jangan lupa tinggalkan komentar untuk mengisi daftar kehadiran ya

Komentar

  1. Nama:Dinda Apri L
    Kelas:Vll.A. hadir

    BalasHapus
  2. Nama : Gadis Aurelya K
    Kelas : VIIA "Hadir"

    BalasHapus
  3. Nama : Putri anggun s.
    Kelas : 7a
    "Hadirr"

    BalasHapus
  4. Nama : Hana Lathifah Puteri
    Kelas: VII A
    " Hadir"

    BalasHapus
  5. Nama : Kresno Setyo Wibowo
    Kelas : VII A

    BalasHapus
  6. Nama : Kresno Setyo Wibowo
    Kelas : VII A

    BalasHapus
  7. Nama:Muhammad fajar winandika
    Kelas:VII "HADIR"

    BalasHapus
  8. Nama:Keisya Aulia Nissa
    Kelas:7.A "Hadir"

    BalasHapus
  9. Nama:Kanjeng ayu zahwa pratama L
    Kls:VII 'HADIR'

    BalasHapus
  10. Nama : Meiliza Dwi Puspa
    Kelas : VII A " HADIR "

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisi Kisi Soal UH Bab 5 Puisi Rakyat, Kamis 23 Januari 2020

KAIDAH KEBAHASAAN SURAT DINAS DAN SURAT PRIBADI KELAS 7 (MATERI DAN TUGAS) Senin, 30 Maret 2020

FIKSI DAN NON FIKSI KELAS 7 (MATERI DAN TUGAS) KAMIS, 16 APRIL 2020